LAILATUL MAGHFIROH, S.PD.I, NIM 1220411247 (2015) PERKEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH TAHUN 1984-2006. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PERKEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH TAHUN 1984-2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (PERKEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH TAHUN 1984-2006)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa dari setiap perubahan kurikulum, kurikulum madrasah senantiasa tertinggal dalam perkembangannya, bila dibandingkan dengan kurikulum persekolahan. Padahal secara historis madrasah telah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Tetapi seiring waktu Kurikulum madrasah berubah ke arah modern dalam rangka mensejajarkan madrasah dengan sistem persekolahan dan keunggulan lainnya dengan tidak menghilangkan warna ke-Islamannya sebagai ciri khas madrasah. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti bagaimana sejarah perkembangan kurikulum madrasah khususnya Madrasah Aliyah tahun 1984- 2006, dengan mengajukan dua rumusan masalah yaitu bagaimana perkembangan kurikulum Madrasah Aliyah dari tahun 1984-2006? Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi perubahan kurikulum Madrasah Aliyah dari tahun 1984-2006?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara menghimpun data dari berbagai literatur, yaitu berbagai buku dan artikel yang membahas tentang perkembangan kurikulum Madrasah Aliyah serta beberapa kebijakan pemerintah yang relevan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah historis. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Hasil penelitian mengemukakan bahwa adanya kemajuan teknologi membuat pemerintah Indonesia ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, salah satunya dengan pendidikan madrasah yang lebih menekankan pada pendidikan agama. Untuk meningkatkan pendidikan dilakukan upaya dengan cara merubah kurikulum dan mengembangkannya sesuai dengan perubahan yang terjadi di masyarakat dan membekali siswa dengan kecakapan hidup (life skill). Dalam kurikulum MA 1984 dan 1994 mempresentasikan kurikulum yang berorientasi pada proses dan pencapaian hasil belajar. Sementara kurikulum 2004 (KBK) menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dan kurikulum KTSP merupakan pengembangan KBK berdasarkan standar isi (SI) dan standar Kompetensi lulusan (SKL) yang disesuaikan dengan satuan pendidikan, potensi daerah, sosial budaya masyarakat dan peserta didik. Dalam perkembangannya, kurikulum madrasah selalu berusaha mengikuti kurikulum Sistem Pendidikan Nasional tanpa meninggalkan ciri khas madrasah yaitu ilmu agama. Hal ini dikuatkan dengan lahirnya SKB antara Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0299/U/1984 (Dikbud); 045/1984 (Depag) tahun 1984. Selanjutnya di kokohkan dalam UU Sisdiknas no. 2 Tahun 1989, yang diatur oleh PP no 28 dan 29 dan diikuti oleh SK Menteri Pendidikan dan Menteri Agama, serta Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, yang bertujuan ingin meningkatkan mutu Madrasah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Muqowim, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Madrasah Aliyah |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 06 May 2015 07:40 |
Last Modified: | 06 May 2015 07:40 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15972 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |