PENERAPAN TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS SATU DI MI AL MUJAHIDIN TEMANGGUNG

NURUL FATMAWATI, NIM. 10480016 (2015) PENERAPAN TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS SATU DI MI AL MUJAHIDIN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS SATU DI MI AL MUJAHIDIN TEMANGGUNG)
10480016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS SATU DI MI AL MUJAHIDIN TEMANGGUNG)
10480016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nurul Fatmawati, “Penerapan Token Economy dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik Kelas Satu di MI Al Mujahidin Temanggung”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya disiplin dikehidupan seharihari. Selain itu, karena belum maksimalnya penanaman disiplin peserta didik oleh anggota sekolah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan token economy dalam meningkatkan disiplin peserta didik kelas satu MI Al Mujahidin. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan token economy dalam meningkatkan disiplin peserta didik di kelas satu MI Al Mujahidin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus tersebut terdiri dari empat tahapan yang berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas satu di MI Al Mujahidin yang berjumlah enam belas anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peserta didik yang disiplin pada siklus I observasi pertama adalah 53,3%, namun pada siklus I observasi kedua turun menjadi 46,7%. Persentase peserta didik yang disiplin pada siklus II observasi pertama sebanyak 46,7% kemudian pada siklus II observasi kedua meningkat menadi 66,7%. Tingkat disiplin peserta didik meningkat dari Siklus I ke siklus II. Hal tersebut berarti penerapan token economy dapat meningkatkan disiplin peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Token Economy, Disiplin.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 May 2015 09:47
Last Modified: 26 May 2015 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum