PERSEPSI GURU MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

RATRI WIYANI, NIM. 11480007 (2015) PERSEPSI GURU MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI GURU MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU)
11480007_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI GURU MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU)
11480007_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

RATRI WIYANI. Persepsi Guru MI Muhammadiyah Serangrejo Terhadap Pembelajaran Tematik Terpadu. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi guru MI terhadap pembelajaran tematik terpadu di MI Muhammadiyah Serangrejo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru-guru di MI Muhammadiyah Serangrejo sebagai bahan evaluasi sekaligus masukan sehubungan dengan penerapan pembelajaran tematik terpadu sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lebih maksimal. Penelitian di MI Muhammadiyah Serangrejo merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi pembelajaran tematik terpadu, wawancara secara terstruktur, dan dokumentasi kurikulum MI. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dalam bentuk teks yang bersifat naratif dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah mengetahui persepsi guru terhadap kurikulum 2013 serta pembelajaran tematik terpadu, penerapan pembelajaran tematik terpadu, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran tematik terpadu. Persepsi guru dibagi menjadi dua yaitu guru yang belum menerapkan kurikulum 2013 dan guru yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Pembelajaran tematik terpadu di MI Muhammadiyah dilakukan di kelas 1 dan kelas 4. Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran tematik terpadu terdiri dari guru yang sudah berkompeten, lingkungan yang kondusif dan fasilitas yang sudah cukup memadai. Sedangkan faktor yang menghambat penerapan pembelajaran tematik terpadu yaitu sosialisasi kurikulum 2013 yang masih kurang, siswa kurang aktif dan belum lancar membaca, kurangnya komunikasi guru dengan orang tua siswa, sumber belajar yang masih terbatas, serta ruangan kelas yang terlalu sempit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sedyo Santosa, SS, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Persepsi Guru, Pembelajaran Tematik Terpadu.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 May 2015 11:03
Last Modified: 26 May 2015 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum