EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN CONCEPT MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

LAELINATUL CHOERIYAH, NIM. 10600070 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN CONCEPT MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN CONCEPT MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
10600070_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN CONCEPT MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
10600070_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Concept Mapping lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain Nonequivalent Control Gruop Design. Variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan Concept Mapping, sedangkan variabel terikatnya pemahaman konsep dan komunikasi matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dengan mengambil 2 kleas dari 5 kelas secara acak. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep dan komunikasi matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T Test dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan (1) model pembelajaran NHT dengan Concept Mapping lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep, (2) model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Concept Mapping lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keyword: Numbered Heads Together, Concept Mapping, Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2015 08:50
Last Modified: 27 Jan 2016 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum