“EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN”

TITIK KUSYATIN, NIM. 11600037 (2015) “EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
11600037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (“EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN”)
11600037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan dua variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, dengan sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal pretes-postes, lembar skala sikap, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, RPP, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik berupa uji T dan nonparametrik berupa uji U. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah; (2) metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) tidak lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Matematika Nalaria Realistik (MNR), Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2015 08:56
Last Modified: 27 Jan 2016 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum