PENGARUH METODE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015

LILI EKA SAPUTRI, NIM. 11480070 (2015) PENGARUH METODE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015)
11480070_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015)
11480070_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)

Abstract

Lili Eka Saputri, “Pengaruh Metode Team Game Turnament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV MIN Tempel Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran tematik, (2) pengaruh implementasi metode TGT dalam pembelajaran tematik terhadap motivasi belajar siswa kelas IV MIN Tempel pada materi manfaat makanan sehat dan bergizi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent control group desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas IVC sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan metod TGT dan kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U. Hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dari pertemuan 1 sampai dengan pertemuan VI menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa dengan metode TGT aktivitas siswa menjadi lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan data motivasi belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen sebelum ada perlakuan uji Mann Whitney U diperoleh pvalue sebesar 0,761 (p > 0,05), artinya H0 diterima yang berarti tidak ada perbedaan motivasi belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan untuk data motivasi belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah ada perlakuan berdasarkan uji statistik Mann Whitney U diperoleh p-value 0,000 (p < 0,05), artinya H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode TGT dalam pembelajaran tematik berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Team Game Turnament (TGT), Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:10
Last Modified: 29 Jul 2015 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum