IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV C MIN JEJERAN

MUHAMMAD RIFA’I, NIM. 11480059 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV C MIN JEJERAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV C MIN JEJERAN)
11480059_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV C MIN JEJERAN)
11480059_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Rifa’i, “Implementasi Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV C MIN Jejeran”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Peningkatan mutu pendidikan salah satunya dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang selama ini terjadi masih berpusat pada guru seharusnya diubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan saintifik menawarkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan dapat dikolaborasikan dengan model problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV C MIN Jejeran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi pendekatan saintifik model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV C MIN Jejeran, (2) apa kelebihan dan kekurangannya serta (3) bagaimana hasil implementasinya di kelas IV C MIN Jejeran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu guru kelas, kelas IV C, peserta didik kelas IV C dan Kepala MIN Jejeran sedangkan objeknya yaitu implementasi pendekatan saintifik model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV C MIN Jejeran. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi partisipatif pasif, wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) implementasi pendekatan saintifik model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV C MIN Jejeran dilakukan dari mengkaji silabus dan membuat RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran terdiri dari beberapa langkah yang meliputi guru mengorientasikan peserta didik pada masalah dan peserta didik mengamati masalah, bertanya, guru membimbing pengalaman belajar peserta didik dan peserta didik mencoba serta menalar pemecahan masalah, mengkomunikasikan melalui presentasi hasil pemecahan masalah dan mengevaluasi proses pemecahan masalah namun penilaian hasil pembelajaran terlaksana kurang maksimal, (2) dalam pendekatan saintifik model PBL memiliki banyak kelebihan dari pada kekurangannya dan (3) hasil implementasi pendekatan saintifik model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV C MIN Jejeran adalah pembelajaran berpusat pada peserta didik, dan merasa senang dalam pembelajaran, selain itu, nilai peserta didik meningkat dari pada pembelajaran sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Johariyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Model Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:16
Last Modified: 29 Jul 2015 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum