PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK PEMBELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK KELAS IV MI/SD

VINDRATI PRATIWI, NIM. 11480041 (2015) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK PEMBELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK KELAS IV MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK PEMBELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK KELAS IV MI/SD)
11480041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK PEMBELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK KELAS IV MI/SD)
11480041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Vindrati Pratiwi, “Pengembangan Modul Tematik Pembelajaran IPA Materi Macam-Macam Energi dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Kelas IV MI/SD”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul tematik pembelajaran IPA materi macam-macam energi dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas IV MI/SD, (2) mengetahui kelayakan modul tematik pembelajaran IPA materi macam-macam energi dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas IV MI/SD, (3) mengetahui respon siswa kelas IV SD Tlacap Pandowoharjo Sleman terhadap modul tematik pembelajaran IPA materi macam-macam energi dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas IV MI/SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan media pembelajaran ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan media pembelajaran ini yaitu menggunakan lembar skala penilaian. Media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru, dan direspon oleh 10 siswa SD Tlacap Pandowoharjo Sleman dalam uji coba terbatas. Hasil penelitian yang pertama yaitu berhasil dikembangkan media pembelajaran modul tematik pembelajaran IPA materi macam-macam energi dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas IV MI/SD. Kedua yaitu didapat hasil penilaian kelayakan media pembelajaran. Hasil penilaian menurut ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 74 dan persentase keidealan 87,05%. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik (B) dengan skor 49 dan persentase keidealan 81,7%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 79 dan persentase keidealan 87,7%. Berdasarkan penilaian guru adalah Baik (B) dengan skor 70,5 dan persentase keidealan 78%. Dengan demikian, modul tematik pembelajaran IPA ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk siswa MI/SD. Ketiga, dari hasil respon siswa maka didapat kesimpulan bahwa sebagian besar siswa merespon positif adanya media modul tematik pembelajaran IPA dengan skor 8,5 dan persentase keidealan 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Modul Tematik, Pembelajaran IPA, Materi Macam-Macam Energi dalam Kehidupan Sehari-hari
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:25
Last Modified: 29 Jul 2015 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum