PENERAPAN HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA KULIAH EDUPRENEURSHIP MAHASISWA PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MADIAH NOOR FITRIANA, NIM. 11480028 (2015) PENERAPAN HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA KULIAH EDUPRENEURSHIP MAHASISWA PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA KULIAH EDUPRENEURSHIP MAHASISWA PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11480028_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA KULIAH EDUPRENEURSHIP MAHASISWA PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11480028_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Madiah Noor Fitriana, "Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Kuliah Edupreneurship Mahasiswa PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Usaha peningkatan kualitas pendidikan tidak bisa lepas dari pengelolaan unsur-unsur pendidikan seperti kurikulum, sarana dan prasarana, kualitas pendidikan, dan lain-lainnya. Di Prodi PGMI metode perkuliahan yang monoton memberikan kejenuhan pada mahasiswa, sehingga berakibat pada motivasi belajar yang rendah serta hasil belajar yang minim. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode perkuliahan yang bervariasi dan menyenangkan, lebih mengaktifkan mahasiswa dan mencoba, salah satunya adalah perkuliahan dengan metode hypnoteaching. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan hypnoteaching dalam proses perkuliahan mata kuliah Edupreneurship mahasiswa PGMI-A semester II mata kuliah Edupreneurship Tahun Akademi 2014/2015?, (2) apakah metode hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa PGMI-A semester II Tahun Akademik 2014/2015? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refeleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi:partisipasi mahasiswa yang diambil dari hasil pengisian angket pada setiap siklus, hasil wawancara dengan mahasiswa dan dosen, catatan lapangan dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) lebih dari 15 % mahasiswa semakin aktif bertanya maupun memberikan tanggapan katika proses perkuliahan, (2) lebih dari 50% mahasiswa konsentrasi dan mencatat materi saat perkuliahan, (3) lebih dari 75% mahasiswa mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, (4) lebih dari 75% mahasiwa mencapai Indeks Prestasi di atas B/C pada UTS. Hasil penelitian pada siklus I menujukkan persentase angket motivasi mahasiswa sebesar 69,56% dengan kategori tinggi, pada siklus II sebesar 78,84% dengan kategori tinggi, dan pada siklus III sebesar 81,03% dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil observasi pada siklus I sebesar 66,67% dengan kategori tinggi, pada siklus II sebesar 70% dengan kategori tinggi, dan pada siklus III sebesar 86,67% dengan kategori tinggi. Hasil UTS menunjukkan presentase ketuntasan belajar sebesar 77% mahasiswa berhasil memperoleh Indeks Prestasi di atas B/C dan 98% mahasiswa mengumpulkan tugas tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andi Prastowo, M.Pd.I.Ch.Cht.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Edupreunership, Hypnoteaching, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 11:14
Last Modified: 29 Jul 2015 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum