PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN

SYARIFAH ISFAHANI, NIM. 11480016 (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN)
11480016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN)
11480016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Syarifah Isfahani. “Pengaruh Implementasi Strategi Jigsaw Learning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Di Ma’arif Bego Depok Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2015. Selama ini, dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa masih terlihat pasif. Guru lebih banyak memberikan tugas untuk mencatat atau menjawab pertanyaan yang sudah disediakan. Kegiatan belajar secara berkelompok dapat membantu memacu belajar aktif. Interaksi di antara siswa yang dibentuk kelompok dalam tugas-tugas pembelajaran akan terjadi dengan sendirinya untuk mengembangkan pencapaian prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi strategi jigsaw learning terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V di MI Ma’arif Bego. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Ma’arif Bego tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel penelitian adalah 27 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 26 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian adalah tes prestasi belajar, observasi, dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa Thitung sebesar 2,231 pada taraf signifikansi 5%, sedangkan Ttabel pada df 53 taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sebesar 2,006. Dengan demikian, Thitung > Ttabel dan probabilitas (Sig.) menunjukkan 0,030 < 0,05, berati bahwa hasil postest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan. Untuk kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 4,31 poin sedangkan kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata peningkatan hanya sebesar 3,56 poin. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi jigsaw learning berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V di MI Ma’arif Bego.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: stategi jigsaw learning, pembelajaran bahasa Indonesia, prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 11:19
Last Modified: 29 Jul 2015 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16494

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum