PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNA NETRA DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

WAHIDAH RAHMAN NOOR M, NIM 11420078 (2015) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNA NETRA DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNA NETRA DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2014-2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNA NETRA DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2014-2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran di kelas, sering dijumpai beberapa problem atau permasalahan terutama pembelajaran bahasa Arab karena merupakan bahasa kedua yang dipelajari. Sebagai mata pelajaran wajib di sekolah bahasa Arab tidak hanya diajarkan kepada siswa yang normal namun diajarkan pula kepada siswa berkebutuhan khusus, dan siswa berkebutuhan khusus tidak bisa dipandang sebelah mata dalam hal-hal tertentu, karena mereka membutuhkan layanan pendidikan khusus. Permasalahan yang lainnya adalah pembelajaran yang dijadikan satu kelas dengan siswa yang normal dan metode-metode pembelajaran yang diterapkan. Pada tahun ajaran 2014/2015 jumlah siswa tuna netra di MAN Maguwoharjo adalah 7 (tujuh) siswa, terdiri dari 1 siswa kelas X, 4 siswa dari kelas XI, dan 2 siswa dari kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dari dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab dipengaruhi oleh faktor instrinsik dan ekstrinsik bahasa yang di dalamnya terdapat problem metodik yang dihadapi oleh siswa tuna netra dalam pembelajaran di kelas. Diantaranya adalah penggunaan metode yang kurang tepat, kurangnya pengetahuan atau referensi guru terhadap metode, dll. Dari beberapa hasil di atas peneliti ingin menyampaikan saran-saran, diantaranya: guru bahasa Arab hendaknya mengoptimalkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki dari aspek non visual, pihak sekolah melengkapi fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran. Guru juga bisa memilih metode dan sarana prasarana pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M
Uncontrolled Keywords: BAHASA ARAB, TUNA NETRA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:22
Last Modified: 12 Aug 2015 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum