PERAN PEKERJA SOSIAL MELALUI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (PKSA) DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) “BIMO” YOGYAKARTA

UMI AMALIA, NIM. 10.250.030 (2015) PERAN PEKERJA SOSIAL MELALUI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (PKSA) DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) “BIMO” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL MELALUI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (PKSA) DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) “BIMO” YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL MELALUI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (PKSA) DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA) “BIMO” YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesejahteraan sosial anak dapat terpenuhi dengan adanya Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA). Salah satu lembaga kesejahteraan sosial anak yang melaksanakan program kesejahteraan sosial anak ialah Panti Sosial Asuhan Anak “BIMO” Yogyakarta, yang dalam pelaksanaannya dilapangan tidak lepas dari peran seorang pekerja sosial. Dalam program kesejahteraan sosial anak ini tidak memisahkan anak dengan keluarga, melainkan anak tinggal bersama keluarga. PSAA Bimo merupakan salah satu lembaga yang memberikan layanan pendampingan, fasilitas kebutuhan dasar, dan keamanan. Lembaga ini juga tidak hanya memenuhi kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh anak, akan tetapi juga melakukan monitoring perkembangan anak minimal satu bulan sekali. Rumusan masalah adalah bagaimana peran yang dilakukan oleh pekerja sosial melalui program kesejahteraan sosial anak yang ada di Panti sosial asuhan anak Yogyakarta serta apa hambatan peran pekerja sosial melalui program kesejahteraan sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di PSAA “BIMO” Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi murni, wawancara terhadap pekerja sosial, keluarga, anak dan kepala panti, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu kesejahteraan sosial anak, karena masalah utama mereka adalah pendidikan. Setelah melakukan assesmen keluarga dan anak, tahap selanjutnya pendampingan, monitoring dan evaluasi. PSAA memberikan fasilitas pendidikan, support kebutuhan harian anak, pendampingan pengasuhan, monitoring perkembangan anak. Faktor penghambatnya ialah lokasi yang jauh, keterbatasan waktu dan beban tugas pekerja sosial, kurangnya kemampuan keluarga dalam memberikan dukungan. kata kunci : Pekerja sosial, kesejahteraan sosial anak, PKSA, panti sosial asuhan anak(PSAA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah M.Si
Uncontrolled Keywords: Pekerja sosial, kesejahteraan sosial anak, PKSA, panti sosial asuhan anak(PSAA)
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 14:14
Last Modified: 13 Aug 2015 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum