PEMIKIRAN TEOLOGI DAN FILSAFAT HARUN NASUTION SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PEMBAHARUAN ISLAM DI PTAI

RIFKA SETYA NUGRAHENI, NIM : 11510002 (2015) PEMIKIRAN TEOLOGI DAN FILSAFAT HARUN NASUTION SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PEMBAHARUAN ISLAM DI PTAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Other (PEMIKIRAN TEOLOGI DAN FILSAFAT HARUN NASUTION SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PEMBAHARUAN ISLAM DI PTAI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN TEOLOGI DAN FILSAFAT HARUN NASUTION SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PEMBAHARUAN ISLAM DI PTAI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Pemikiran Islam di Indonesia selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan sosial masyarakat. Indonesia sebagai negara plural, baik dari sisi suku, ras, budaya, agama dan keyakinan ternyata memunculkan berbagai produk pemikiran yang plural pula. Bahkan pemikiran keislaman di kalangan intelektual di perguruan tinggi seperti IAIN dan PTAIN dan ulama pun cukup beragam. Harun Nasution memaparkan dan memperkenalkan Islam secara mendalam dari berbagai aspek, dan berusaha memperkenalkan Islam kepada umat Islam Indonesia dari sudut tinjauan teologi, karena teologi lebih luas pandangannya dari pada fiqih. Fiqih membahas soal halal dan haram, sementara teologi, disamping soal ketuhanan, membahas pula soal iman dan kufr. Di dalam pandangan teologi Islam, peran manusia dalam menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan tidak dipahami secara sama oleh umat Islam. Karena dalam teologi Islam, terdapat beberapa aliran dan sekte-sekte, yang di dalamnya terdapat perbedaan, di dalam perbedaan pendapat tersebut terkadang disalah artikan. Namun demikian, pemikiran teologi dan filsafat Harun Nasution belum banyak dikaji. Oleh sebab itu, masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah pemikiran teologi dan filsafat Harun Nasution serta pengaruhnya terhadap perkembangan pembaharuan Islam di PTAI. Pembahasan untuk mengkaji permasalahan ini menggunakan metode library research dengan menganalisis data yang telah terkumpul menggunakan analisis kualitatif, yaitu prosedur penilaian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lesan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati, lalu menentukan persamaan dan perbedaan dengan membandingkan instrumen-instrumen yang terkait pemikiran yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan gambaran dan pemahaman yang sebenarnya dan secara murni. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya pemikiran Islam liberal Harun Nasution berangkat dari pemikiran teologi dan filsafat rasionalnya yang terfokus dan mengutamakan akal. Di dalam perkembangan pembaharuan Islam di PTAI, Harun Nasution membentuk sebuah orientasi pendidikan agama yang sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan sejauh mungkin berwatak rasional terhadap agama. Di dalam pemikiran ini, aspek analisis rasional terhadap agama lebih memperoleh penekanan. Harun Nasution mengembangkan metode-metode pemikirannya sebagai ide sebuah pembaharuan dalam pendidikan khususnya dan dalam merombak pola pikir seluruh umat Islam pada umumnya. Harun Nasution memberi pengakuan atau tepatnya mencari pandangan-pandangan Islam secara rasional mengenai kapasitas manusia yang mempunyai kebebasan dalam berpikir. Kata kunci: Harun Nasution, teologi, filsafat, rasional, pembaharuan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Fatimah Hussein, MA
Uncontrolled Keywords: Harun Nasution, teologi, filsafat, rasional, pembaharuan Islam
Subjects: Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Sep 2015 09:25
Last Modified: 30 Sep 2015 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17361

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum