MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

SRI LESTARI, S.PD.I, NIM. 1320412160 (2015) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendalami tentang Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Yogyakarta, fokus penelitian ini antara lain adalah : satu, bagaiaman manajemen pengembangan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Dua, keberhasilan manajemen pengembangan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan yang dilakukan SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Tiga, Faktor penghambat dan pendukung pengembangan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang menyajikan data dengan menggunakan kalimat atau bahasa untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terperinci. Untuk pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan observasi, wawancara, dan dokumentsi. Sumber data adalah pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pengembangan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Islam Terpadu Abu Bakar dengan beberapa tahapan yaitu : 1). Perencanaan kegiatan : PKG, Fungsional Ketenagaan, Pembagian Tugas Mengajar, Peningkatan Profesi Guru dan Karyawan, Pembinaan Mental dan Spiritual, Laporan Ketenagaan, Administrasi Ketenagaan, Usulan Kenaikan Pangkat, Supervisi, Usaha Kesejahteraan Guru dan Karyawan, Studi Kelanjutan, Seminar, Pelatihan, Workshop, Publikasi Ilmiah, 2) Pengorganisasian: guru/pendidik, tenaga kependidikan, kepala sekolah, pengawas dalam mengelola pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan, 3) Pelaksanaan pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan, 4) Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas. Keberhasilan manajemen pengembangan sumber daya pendidik dengan kegiatan : 1) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dengan hasil pencapaian 80% , 2) Pendidikan berkelanjutan adalah inisiatif para pendidik bukan program dari sekolah, dan program sertifikasi guru 20%, 3) Pelatihan, Seminar, dan Workshop, dan 4) Publikasi Ilmiah,5) Fungsional Ketenagaan, 6) Pembagian Tugas Mengajar, 7) Pembinaan Guru dan Karyawan, 8) Pembinaan Mental Spiritual, 9) Laporan Ketenagaan, 10) Administrasi Ketenagaan, 11) Usulan Kenaikan Pangkat, 12) Supervisi, 13) Usaha Kesejahteraan Guru dan Karyawan. Faktor pendukung dan penghambat dari pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan dilihat dari teori Swot (Strenght, Weakness, Opprtunities, Threat) adalah Strenght (kekuatan) berasal dari: 1) Pemerintah berupa PP tentang tunjangan Profesi bagi guru dan dosen no 41 tahun 2009, 2) Sekolah dengan dukungan fasilitas dan kesempatan yang diberikan untuk mengikuti kegiatan pengembangan seperti MGMP, seminar, workshop, 3) Pengawas dengan memberikan kesempatan, bimbingan dan motivasi bagi guru untuk manjadi lebih baik. Weakness (kelemahan) dari pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan adalah 1). Jadwal mengajar yang padat membuat para guru kesulitan mengikuti kegiatan pengembangan yang dilaksanakan, 2). Control dan pengawasan dari kepala sekolah. Opportunities (peluang) pemerintah memberikan tunjangan fungsional bagi guru. Threat (ancaman) belum ada ancaman dalam pelasanaan pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil ini diaharapkan dapat memberi manfaat kepada semua praktisi dan civitas akademika serta masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, pengembangan, sumber daya Pendidik dan tenaga kependidikan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 13:01
Last Modified: 16 Oct 2015 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum