PERAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB (STUDI EVALUATIF DI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN GRESIK JAWA TIMUR)

FATCHIATU ZAHRO, SPDI, NIM. 1320411232 (2015) PERAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB (STUDI EVALUATIF DI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN GRESIK JAWA TIMUR). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB (STUDI EVALUATIF DI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN GRESIK JAWA TIMUR))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB (STUDI EVALUATIF DI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN GRESIK JAWA TIMUR))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Fatchiatu Zahro. Peran Lingkungan Bahasa Arab dalam Mengasah Kemahiran Bahasa Arab (Studi Evaluatif di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik Jawa Timur). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) gambaran lingkungan bahasa Arab pondok pesantren Mambaus Sholihin meliputi Jenis Lingkungan bahasa, strategi, prinsip, serta faktor-faktor yang berpengaruh dalam lingkungan bahasa Arab di pondok pesantren Mambaus Sholihin Putri, 2) peran lingkungan bahasa Arab terhadap pengembangan kemahiran bahasa Arab . Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Work Research), dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis evaluatif, dengan fokus kajian yaitu peran lingkungan bahasa Arab dalam mengasah kemahiran bahasa Arab santri putri Pondok pesantren Mambaus Sholihin. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) lingkungan bahasa Arab Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Putri terbentuk dalam dua jenis lingkungan yaitu lingkungan formal dan non formal adapun strateginya dalah menyediakan pengurus bahasa Arab yang kompeten dan melaksanakan kegiatan-kegiatan kebahasaan Arab dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengajaran bahasa, sedangkan faktor keberhasilannya ditinjau dari faktor psikologis (a) pembelajaran santri menggunakan empat pendekatan dalam pembelajaran bahasa Arabnya yaitu Pembiasaan Klasik pavlov, Operan Skinner, Penambatan Ausubel, dan Humanistik Rogers, strategi yang digunakan masuk dalam kategori metakognitif, kognitif, dan sosioafektif; (b) kepribadian santri meliputi harkat, kesediaan berkomunikasi, pengambilan resiko yang mengarah bagi sebagian besar santri mengarah ke arah positif, sedangkan untuk motivasi santri lebih cenderung ke ekstrinsik, pada faktor budaya lingkungan bahasa Arab sangat menghormati budaya santri yang tercermin dalam kegiatan kebahasaan Arab yakni tidak satupun mengandung steorotif merendahkan. (2) peran lingkungan bahasa Arab bagi pengembangan kemahiran bahasa Arab termaktub dalaam enam poin kelebihannya yang pada intinya yaitu meningkatkan kemahiran bahasa Arab santri serta mengasah keterampilan menguasai kitab kuning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini, M.A.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Peran, Lingkungan bahasa Arab , Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:59
Last Modified: 05 Oct 2015 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum