FADIAH ADLINA, NIM. 1320411229 (2015) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Fadiah Adlina S.Fil.I, Manajemen Pengembangan Sumber Daya Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Tesis, Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Islam, 2015. Penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di dalam lembaga pendidikan yang ada di Indonesia, banyak dari mereka yang ingin meningkatkan mutu pendidikan dengan cara mengembangkan sarana dan prasarana akan tetapi terkadang lupa dengan pengembangan para gurunya yang menggunakan sarana tersebut karena ada sebagian guru yang belum memahami bagaimana menggunakan sarana dan prasarana tersebut, padahal telah disebutkan di dalam uu no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen bahwa guru mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang strategis dalam pembangunan nasional pendidikan, sehingga peneliti ingin meneliti tentang bagaimana pengembangan sumber daya guru di MAN Wonokromo karena MAN Wonokromo merupakan madrasah di Bantul yang telah banyak menuai prestasi dari para guru dan muridnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendriskripsikan; (1) manajemen pengembangan sumber daya guru di MAN Wonokromo, (2) efektifitas manajemen pengembangan sumber daya guru, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pengembangan sumber daya guru. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, pengelolaan manajemen sumber daya guru di MAN Wonokromo melalui 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan, dan pengawasan. Dan dalam mengembangkan profesi para guru, MAN Wonokromo melakukan berbagai kegiatan yaitu : Pendidikan Lanjut, MGMP, Pelatihan, Seminar atau Lokal Karya, Kunjungan atau Studi Banding ke sekolah lain, dan Publikasi Ilmiah. Kemudian dalam mengembangkan karir para guru di MAN Wonokromo juga melakukan tiga hal berikut ini : Promosi, Penugasan dan Kenaikan Pangkat. Kedua, efektifitas manajemen pengembangan sumber daya guru di MAN Wonokromo berjalan dengan cukup efektif dan hal ini dibuktikan dengan banyaknya para guru yang melanjutkan studi S2 dan S3 nya. Ketiga, faktor yang mendukung berjalannya kegiatan pengembangan guru disana adalah inisiatif para guru tinggi dalam mengikuti program pengembangan guru dan zaman, tuntutan fikiran para guru yang ingin selalu berkembang, adanya kerjasama yang aktif dengan berbagai universitas yang ada dalam mengadakan kegiatan seminar, kegiatan pengembangan guru yang dari kemenag lancar, dan terakhir dibukanya berbagai jurusan yang sesuai dengan mapel guru. Dan faktor penghambatnya adalah masih ada sebagian guru yang malas dalam mengikuti pengembangan guru, pelaksanaan MGMP di madrasah kurang, tidak ada literatur khusus untuk guru, penelitian guru masih kurang, terbatasnya waktu bagi guru untuk mengikuti perkuliahan, tidak adanya kerjasama yang baik antara madrasah dan universitas terhadap para guru yang melanjutkan studinya, dan tidak adanya tindak lanjut yang lebih mendalam terhadap para guru yang telah mengikuti pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. H. Maragustam, MA |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : manajemen, pengembangan, sumber daya guru |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 09:18 |
Last Modified: | 05 Oct 2015 09:18 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17531 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |