NASRUL UMAM, SPDI, NIM. 1320411206 (2015) EVALUASI KURIKULUM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KE-NU-AN ASWAJA DAN PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN (STUDI KASUS DI MTS MA’ARIF NU 1 KEBASEN DAN SMP MUHAMMADIYAH KEBASEN, KABUPATEN BANYUMAS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EVALUASI KURIKULUM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KE-NU-AN ASWAJA DAN PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN (STUDI KASUS DI MTS MA’ARIF NU 1 KEBASEN DAN SMP MUHAMMADIYAH KEBASEN, KABUPATEN BANYUMAS))
1320411206_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf Download (13MB) | Preview |
|
Other (EVALUASI KURIKULUM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KE-NU-AN ASWAJA DAN PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN (STUDI KASUS DI MTS MA’ARIF NU 1 KEBASEN DAN SMP MUHAMMADIYAH KEBASEN, KABUPATEN BANYUMAS))
1320411206_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Nasrul Umam. Evaluasi Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Ke-NUan Aswaja dan Pendidikan Kemuhammadiyahan (Studi Kasus di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen dan SMP Muhammadiyah Kebasen). Tesis, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah merupakan organisasi masyarakat terbesar di Indonesia yang salah satu pergerakannya dalam bidang pendidikan. Setiap organisasi ini mempunyai nilai-nilai yang diinternalisasikan melalui lembaga pendidikan pada sekolah berlabel Ma’arif ataupun Perguruan Muhammadiyah. Mata pelajaran Pendidikan Ke-NU-an Aswaja dan Pendidikan Kemuhammadiyahan merupakan ciri khusus lembaga pendidikan masing-masing sebagai terjemahan dari internalisasi nilai-nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kurikulum mata pelajaran tersebut dari segi desain, implementasi, dan problematika implementasi kurikulum di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen dan SMP Muhammadiyah Kebasen. Jenis penelitian ini adalah evaluasi kurikulum dengan pendekatan kualitatif dan model evaluasi kurikulum studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Kriteria yang digunakan dalam menilai desain kurikulum yaitu kualitatif dengan pertimbangan, adapun implementasi kurikulum menggunakan kuantitatif dengan pertimbangan. Hasil evaluasi kurikulum menunjukkan, 1) desain kurikulum mata pelajaran Pendidikan Ke-NU-an Aswaja dan Pendidikan Kemuhammadiyahan menunjukkan adanya kesatuan yang dilihat dari pemenuhan enam dari sembilan indikator yang ditentukan tergolong baik; 2) implementasi kurikulum terdiri dari rencana dan pelaksanaan pembelajaran: a) Pendidikan Ke-NU-an Aswaja dari segi kualitas rencana pembelajaran memenuhi syarat keterpahaman yang terlihat dari prosentase ketercapaian silabus 77.6% dan RPP 76.9% termasuk dalam kategori baik, adapun kualitas pelaksanaan pembelajaran tergolong cukup dengan prosentase ketercapaian 74.58% dari kriteria yang ditentukan, b) Pendidikan Kemuhammadiyahan dari segi kualitas rencana pembelajaran memenuhi syarat keterpahaman dilihat dari prosentase ketercapaian silabus 72.7% kategori cukup dan RPP 86.4% kategori baik, adapun kualitas pelaksanaan pembelajaran tergolong baik dengan prosentase keterlaksanaan 81.76%; 3) problematika implementasi kurikulum mata pelajaran: a) Pendidikan Ke-NU-an Aswaja yaitu keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan buku mata pelajaran, alokasi waktu pembelajaran berbasis praktik yang terbatas, ketidaksesuaian soal ujian dengan materi pembelajaran, dan tidak ada standarisasi materi ujian praktik madrasah berbasis Ke-NU-an, b) Pendidikan Kemuhammadiyahan yaitu ketidaksesuaian alokasi waktu dengan materi pelajaran, materi pelajaran yang didominasi aspek sejarah dan organisasi, ketidaksesuaian materi pembelajaran dari pusat dengan karakteristik peserta didik, keberadaan mata pelajaran ini pada satuan pendidikan, kejelasan pendekatan interkoneksi, media pembelajaran, dan dukungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Evaluasi Kurikulum, Ke-NU-an, Kemuhammadiyahan, desain, implementasi. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 09:35 |
Last Modified: | 05 Oct 2015 09:35 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17540 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |