SHOFI PUJI ASTITI, NIM. 1320411199 (2015) EFEKTIVITAS KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) DALAM MENUNTASKAN MASALAH SISWA (STUDI DI MAN 2 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) DALAM MENUNTASKAN MASALAH SISWA (STUDI DI MAN 2 YOGYAKARTA))
1320411199_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIVITAS KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) DALAM MENUNTASKAN MASALAH SISWA (STUDI DI MAN 2 YOGYAKARTA))
1320411199_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Shofi Puji Astiti, S. Kom. I (1320411199), Efektivitas Konseling Sebaya (Peer Counseling) dalam Menuntaskan Masalahan Siswa (Studi di MAN Yogyakarta II). Tesis, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Konseling sebaya (peer counseling) dipandang penting karena remaja lebih sering menceritakan permasalahan yang sedang dihadapi dengan teman sebaya dibandingkan dengan orang tua, pembimbing, atau guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan (1) untuk mengetahui pelaksanaan konseling sebaya (peer counseling) dalam menuntaskan masalah siswa MAN Yogyakarta II, (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan mendukung efektivitas konseling sebaya (peer counseling) di MAN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang terfokus pada proses pelaksanaan konseling sebaya (peer counseling) dalam menuntaskan masalah siswa dengan menggunakan analisis deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan dilakukan dengan cara pengamatan, trianggulasi data, dan penelusuran data. Dari hasil analisis dan pengamatan mengenai efektivitas konseling sebaya (peer counseling) dalam menuntaskan masalah siswa MAN Yogyakarta II dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling sebaya (peer counseling) di MAN Yogyakarta II menggunakan tiga tahap yaitu pemilihan calon “konselor” sebaya, pembekalan calon “konselor” sebaya, dan pengorganisasian pelaksanaan konseling sebaya. Faktor pendukung efektifitas konseling sebaya (peer counseling) dalam menuntaskan masalah siswa MAN Yogyakarta II yaitu adanya kesadaran dari siswa untuk berkonsultasi mengenai masalah yang dialami kepada konselor sebaya, adanya kerja sama yang baik antara konselor sebaya dengan pihak-pihak yang terkait, peraturan sekolah yang tegas dapat meminimalisir pelanggaran siswa dan didukung dengan kerja sama yang baik antara sekolah dengan BKKBN, BNN, dan BKBI untuk mengoptimalkan layanan konseling sebaya (peer counseling). Sedangkan faktor penghambat konseling sebaya (peer counseling) yaitu kurangnya kerjasama dan partisipasi dari pihak sekolah dengan pihak-pihak yang terkait, terbatasnya keterampilan konselor sebaya dalam menangani permasalahan siswa dan fasilitas sarana dan prasarana konseling kurang lengkap.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Psi. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Konseling sebaya (peer counseling), masalah siswa. |
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 09:36 |
Last Modified: | 05 Oct 2015 09:36 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17541 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |