PENGEMBANGAN MODUL PERUBAHAN KENAMPAKAN PADA BUMI DAN BENDA LANGIT BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

ANA FITROTUN NISA, NIM. 1220420005 (2014) PENGEMBANGAN MODUL PERUBAHAN KENAMPAKAN PADA BUMI DAN BENDA LANGIT BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PERUBAHAN KENAMPAKAN PADA BUMI DAN BENDA LANGIT BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH)
ringkasan tesis ana fitrotun nisa.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PERUBAHAN KENAMPAKAN PADA BUMI DAN BENDA LANGIT BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH)
PDF--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berupa modul perubahan kenampakan pada bumi dan benda langit yang berbasis Integrasi Islam-sains sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan modul meliputi tujuh tahapan, yaitu: tahap penelitian dan mengumpulkan informasi; tahap perencanaan; tahap mengembangkan bentuk awal produk; tahap uji lapangan awal; tahap revisi produk awal; tahap uji lapangan utama; dan tahap revisi produk operasional. Penelitian ini menghasilkan modul perubahan kenampakan pada bumi dan benda langit berbasis Islam-Sains, dengan kualitas modul menurut ahli materi termasuk dalam kategori Sangat Baik dengan persentase keidealan 85,19%; 84,44% menurut ahli media; 95% menurut ahli integrasi Islam-Sains; 93,91% menurut peer reviewer; 96,87% menurut penilaian guru sains dan 89,6% menurut penilaian peserta didik. Berdasarkan penilaian tersebut, maka produk perubahan kenampakan pada bumi dan benda langit berbasis Islam-Sains sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas IV MI ini, layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik untuk mata pelajaran sains kelas IV. Modul perubahan kenampakan bumi dan benda langit memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan kemandirian peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan antusias peserta didik dalam membaca materi, menanyakan materi yang belum dimengerti, dan tanggungjawab dalam melakukan eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit, Modul, Islam-Sains
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 15:55
Last Modified: 05 Oct 2015 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17548

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum