KURIKULUM 2013 DALAM MEWUJUDKAN PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN SAINS/IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA

ERFAN EFENDI, NIM: 1320421020 (2015) KURIKULUM 2013 DALAM MEWUJUDKAN PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN SAINS/IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM 2013 DALAM MEWUJUDKAN PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN SAINS/IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM 2013 DALAM MEWUJUDKAN PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN SAINS/IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Yang kedua untuk mendiskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran sains di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Adapun Jenis penelitian ini adalah menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Naturalistik, pendekatan ini di anggap relevan karena sifatnya yang alamiah dan menghendaki keutuhan, di samping diharapkan memperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam mengenai makna dan fakta yang relevan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sains/IPA di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wahid Hasyim baru di laksanakan pada tahun 2013 untuk kelas 1 dan 4 selama satu semester, proses tersebut berjalan dengan baik; mulai pelaksanaan proses pembelajarannya yang berlangsung secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Adapun dalam proses penilaian guru mata pelajaran sains/IPA juga sudah melakukan proses penilaian otentik (Authentic Assesment) yang menilai kesiapan peserta didik, proses, dan hasil belajar secara utuh, meskipun pada saat proses pembelajaran guru merasa kesulitan untuk memperhatikan setiap peserta didik untuk menilai sikap dari masing-masing peserta didik, sedangkan pada saat yang bersamaan guru juga harus menyampaikan pembelajaran. penilaian autentik tersebut dilakukan dengan menilai sikap yang meliputi observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal. Nilai pengetahuan meliputi tes tulis, tes lisan, penugasan, ulangan harian, UTS dan UAS. Nilai ketrampilan meliputi praktek, proyek dan portofolio. Sedangkan dalam proses pembelajaran sains/IPA guru sudah menerapkan dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu dengan cara mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Penerapan Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Abdurrahman Assegaf, MA
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Penerapan Pendekatan Saintifik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:38
Last Modified: 13 Oct 2015 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum