MANAJEMEN PENYIARAN PROGRAM CERAMAH AGAMA DI RADIO MITRA FM MAGETAN JAWA TIMUR

FARIDATUL HICHMAH - NIM. 03210081, (2009) MANAJEMEN PENYIARAN PROGRAM CERAMAH AGAMA DI RADIO MITRA FM MAGETAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENYIARAN PROGRAM CERAMAH AGAMA DI RADIO MITRA FM MAGETAN JAWA TIMUR)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENYIARAN PROGRAM CERAMAH AGAMA DI RADIO MITRA FM MAGETAN JAWA TIMUR)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)

Abstract

Manajemen penyiaran merupakan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi/ memanfaatkan kepandaian atau keterampilan orang lain, untuk merencanakan, memproduksi, dan menyiarkan siaran, dalam usaha mencapai tujuan bersama. Manajemen penyiaran ini juga sangat dibutuhkan di stasiun radio. Karena untuk menyiarkan sebuah program acara yang menarik sebuah stasiun radio harus mampu mengelolanya secara profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen yang benar. Radio merupakan media yang sulit dibandingkan dengan media lainnya, sebuah program acara harus mampu dideskripsikan dengan baik supaya pesan yang ingin disampaikan dapat diterima sepenuhnya oleh audien. Terlebih lagi program ceramah agama, dalam kondisi live-performance saja acara ini kurang bisa menarik audien apalagi hanya berupa audio. Maka dengan demikian diperlukan penerapan prinsip-prinsip manajemen yang profesional untuk kesuksesan program tersebut. Adapun prinsip-prinsip manajemen menurut George R. Terry dalam manajemen umum sebuah pengantar, oleh Djati Julitriarsa dan John Supriharto, tahun 1988, hlm 5, menerangkan bahwa prinsip-prinsip manajemen meliputi: Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating ( Penggerakan), Controling (Pengawasan). Jika stasiun radio menjalankan manajemennya dengan baik, dapat dipastikan stasiun radio tidak ditinggalkan pendengarnya, dan program-program (informasi, hiburan, berita, atau iklan, dan lain-lain) yang harus disampaikan oleh pihak radio sampai pada pendengar dengan baik dan pihak pengiklan akan mengiklankan produknya di radio itu. Dengan demikian selain radio memerankan perannya sebagai sarana informasi, pendidikan, hiburan, juga akan mendapat keuntungan dengan sendirinya. Begitu pentingnya manajemen penyiaran di sebuah stasiun radio, akhirnya penulis merasa perlu untuk meneliti hal-hal penting yang menunjang suksesnya dalam manajemen penyiaran dari awal hingga akhir mengudaranya sebuah program dengan fokus penelitian pada program ceramah agama di radio Mitra FM Magetan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DRS. H.M.KHOLILI, M.SI
Uncontrolled Keywords: manajemen penyiaran, radio, program acara
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 17 Jul 2012 21:11
Last Modified: 27 Dec 2016 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum