MANAJEMEN REDAKSIONAL PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR KUDUS

JUWAIRIYAH - NIM. 04210047 , (2009) MANAJEMEN REDAKSIONAL PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR KUDUS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN REDAKSIONAL PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR KUDUS)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN REDAKSIONAL PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR KUDUS)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

Pada era reformasi yang ditandai dengan maraknya media massa sebagai sarana komunikasi massa dan alat pembentuk opini publik, sangatlah membantu dalam kehidupan manusia untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman, dan informasi dalam volume yang relatif besar. Media massa baik elektronik maupun cetak merupakan media komunikasi pertama yang dikenal manusia sebagai media yang memiliki ciri-ciri komunikasi massa, yaitu satu arah, melembaga, dan umum. Dengan adanya media massa, mata dan hati kita akan terbuka untuk mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Penulis menitikberatkan pada media massa cetak berbentuk surat kabar, khususnya Surat Kabar Harian Radar Kudus yang tepatnya berada di Jalan Bhakti No.84 B Kudus, yang merupakan salah satu dari sekian pers lokal yang terbit diIndonesia. Uniknya, meskipun Surat Kabar Harian Radar Kudus tergolong pers lokal, namun kehadirannya disambut hangat oleh masyarakat, baik masyarakat Kabupaten Kudus maupun dari luar Kabupaten Kudus. Hal ini demi memenuhi kebutuhan akan informasi, pendidikan, berita, iklan, dan hiburan, sehingga pemasarannya telah menerobos sampai ke wilayah Karisidenan Pati. Surat Kabar Harian Radar Kudus cukup lihai dalam menarik perhatian masyarakat dengan menampilkan kejelasan gambar (foto), menentukan head line, memilih kosa kata, dan menyusun kalimat dalam beritanya, sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Berbagai berita yang dimuat dalam Surat Kabar Harian Radar Kudus tidak hanya meliputi peristiwa-peristiwa yang terjadi di Kota Kudus saja, melainkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di wilayah Karisidenan Pati. Dalam hal ini tentunya diperlukan manajemen redaksional yang dapat menjaga kualitas Radar Kudus. Pada judul di atas yang dimaksud dengan 'Manajemen Redaksional' adalah proses pengelolaan materi pemberitaan melalui tahap-tahap perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, yang mencakup proses peliputan, penulisan, sampai pada editing (penyuntingan) hingga menjadi berita yang layak untuk diterbitkan. Karena menurut Kurniawan Junaedhi, redaksi adalah bagian atau orang dalam sebuah organisasi perusahaan pers yang bertugas untuk menolak dan mengizinkan pemuatan sebuah tulisan atau berita. Adapun pertimbangan yang digunakan bisa menyangkut aspek apakah nilai tulisan atau berita itu bernilai berita atau tidak, menarik tidaknya bagi pembaca, serta menjaga corak politik yang dianut penerbitan pers tersebut. Di samping itu bertugas untuk memperhatikan bahasa, akurasi, dan kebenaran tulisan berita, termasuk di dalamnya menjaga agar tidak terjadi salah cetak. Dari sinilah penulis tertarik untuk mengetahui manajemen redaksional yang diterapkan pada Surat Kabar Harian Radar Kudus demi menjaga kualitas produk. Dari latar belakang tersebut diambil rumusan masalah: Bagaimana manajemen redaksional pada Surat Kabar Harian Radar Kudus Periode 2007 di Kabupaten Kudus?

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DRA. HJ. ANISAH INDRIATI, M.SI
Uncontrolled Keywords: media masa, proses materi pemberitaan, komunikasi masa
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 19 Jul 2012 16:45
Last Modified: 27 Dec 2016 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum