PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN GAMBLING SEBAGAI ALTERNATIVE ASESSMENT (PENILAIAN ALTERNATIF) PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI

HESTI NURMASARI, NIM. 11670012 (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN GAMBLING SEBAGAI ALTERNATIVE ASESSMENT (PENILAIAN ALTERNATIF) PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN GAMBLING SEBAGAI ALTERNATIVE ASESSMENT (PENILAIAN ALTERNATIF) PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI)
11670012_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN GAMBLING SEBAGAI ALTERNATIVE ASESSMENT (PENILAIAN ALTERNATIF) PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI)
11670012_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan (research and development) media pembelajaran Alat Permainan Gambling Sebagai Alternative Assessment (Penilaian Alternatif) Pembelajaran Kimia pada Materi Stoikiometri telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau karakteristik proses dan produk Permainan Gambling sebagai alternative assessment pembelajaran kimia pada materi pokok stoikiometri dan untuk meninjau kualitas produk Permainan Gambling sebagai alternative assessment pembelajaran kimia pada materi pokok stoikiometri. Permainan Gambling dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Pengembangan Alat Permainan Gambling ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media, ahli materi, ahli evaluasi, dan peer reviewer. Penilaian Permainan Gambling dilakukan oleh pendidik kimia, ahli media, ahli materi, dan ahli evaluasi serta direspon oleh 12 peserta didik. Hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasikan dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Permainan Gambling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa karakteristik proses pengembangan Permainan Gambling melalui tahapan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, pembuatan aturan permainan, pembuatan alat pembuat permainan, pembuatan contoh permainan, peninjauan oleh ahli, dan penilaian; karakteristik produk Permainan Gambling meliputi alat pembuat Permainan Gambling dan contoh permainan gambling berupa karu-kartu yang terdiri dari kartu skor, kartu soal, kartu master, kunci jawaban, peraturan permainan, dan buku petunjuk permainan untuk Pendidik. Produk permainan gambling yang dikembangkan mendapatkan kualitas sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, ahli evaluasi, dan tiga orang pendidik kimia. Respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan memperoleh skor 194 dari skor maksimal ideal 228 dengan persentase keidealan sebesar 85,08%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan Gambling. Alternative Assessment
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 11:35
Last Modified: 23 Feb 2016 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum