DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA

ELSA, NIM. 11670027 (2015) DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA)
11670027_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA)
11670027_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian desain pendidikan dengan pengembangan desain berupa perangkat pembelajaran kimia yang digunakan untuk pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun desain perangkat pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik pada materi koloid di kelas XI IPA SMA/MA. Pengembangan desain perangkat pembelajaran kimia ini menggunakan metode PAR yang dikemukakan oleh Eilks. Prosedur PAR terdiri dari empat tahap, yaitu pengembangan, pengujian, evaluasi, refleksi dan revisi. Akan tetapi, peneliti hanya membahas pada tahap pertama yaitu pengembangan. Tahap-tahap pengembangan perangkat pembelajaran kimia terdiri dari: (1) penyusunan draft; (2) validasi desain; dan (3) revisi desain perangkat pembelajaran. Pada tahap penyusunan draft perangkat pembelajaran, langkah-langkah penyusunannya terdiri dari: (a) analisis kurikulum, (b) indikator dan tujuan pembelajaran, (c) model, metode, pendekatan, strategi, dan pendekatan, (d) ujicoba LKPD, (e) kegiatan pembelajaran, (f) instrumen penilaian, dan (g) media pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara yang digunakan sebagai studi pendahuluan. Instrumen pada penelitian ini, terdiri dari peneliti, panduan wawancara, dan dokumentasi serta hasil rekaman wawancara. Hasil penelitian ini berupa desain perangkat pembelajaran kimia yang telah divalidasi oleh guru kimia dari empat sekolah yang kemudian direvisi oleh peneliti. Desain perangkat pembelajaran kimia ini berupa: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dibuat dalam tabel yang komponennya terdiri dari: (a) identitas sekolah berupa nama sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, dan alokasi waktu (bersifat fleksibel), (b) Kompetensi Inti, (c) Kompetensi Dasar dan indikator pencapaian kompetensi, (d) tujuan pembelajaran, (e) materi pembelajaran, (f) model, pendekatan, strategi, dan metode, (g) media, alat, dan sumber pembelajaran, (h) kegiatan pembelajaran, dan (i) penilaian; 2) Instrumen penilaian, terdiri dari penilaian aspek afektif (sikap rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan kejujuran), aspek kognitif (ulangan harian, lembar pertanyaan di LKPD, dan tugas proyek), aspek spiritual (lembar penilaian diri), keterampilan laboratorium (lembar pengamatan praktikum), dan kemampuan saintifik (lembar pengamatan kegiatan inti 5M); 3) instrumen evaluasi, berupa lembar soal ulangan harian koloid dan lembar pertanyaan LKPD; dan 4) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), berupa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang berupa LKPD percobaan tentang penentuan larutan, koloid, dan suspensi, pembuktian salah satu sifat koloid yaitu efek Tyndall, serta LKPD untuk tugas proyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nina Hamidah, M.A., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: penelitian desain pendidikan, metode PAR, perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 13:54
Last Modified: 20 Oct 2015 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum