FITRIYANI HIDAYAH, NIM. 11670047 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
11670047_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
11670047_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf Restricted to Registered users only Download (863kB) |
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan model make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan model make a match terhadap keaktifan dan hasil belajar kimia siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design. Variabel yang digunakan meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan model make a match, serta variabel terikat berupa keaktifan dan hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN Gandekan Bantul. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X1 dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest-posttest dan lembar observasi keaktifan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen (analisis uji-t dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan model make a match tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan model course review berdasarkan keaktifan siswa (uji-t terhadap rata-rata skor keaktifan siswa diperoleh output 0,272 > 0,05); (2) model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan model make a match lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan model course review berdasarkan hasil belajar siswa (uji-t terhadap rata-rata skor hasil belajar siswa setelah diberikan treatment diperoleh diperoleh output 0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Fitri Yuliawati, M.Pd.Si. |
Uncontrolled Keywords: | student teams achievement divisions (STAD), make a match, keaktifan dan hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan Kimia |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 20 Oct 2015 14:20 |
Last Modified: | 20 Oct 2015 14:20 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17917 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |