PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATERI POKOK HIMPUNAN UNTUK SISWA KELAS VII

DEBITA KUSUMA ASTUTI, NIM. 08600102 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATERI POKOK HIMPUNAN UNTUK SISWA KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATERI POKOK HIMPUNAN UNTUK SISWA KELAS VII)
08600102_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA MATERI POKOK HIMPUNAN UNTUK SISWA KELAS VII)
08600102_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran matematika menggunakan software Adobe Flash CS3 dengan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah pada siswa kelas VII semester II dan untuk mengetahui kualitas CD pembelajaran matematika tersebut berdasarkan ahli materi dan pembelajaran, ahli media dan 10 orang siswa kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan procedural yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Pengembangan ini diawali dengan analisis standar isi dilanjutkan mengumpulkan referensi media, kemudian menyusun rancangan media dan membuat CD pembelajaran. CD pembelajaran yang telah dibuat dikonsultasikan dengan dosen pembimbing agar mendapat masukan dan saran sebagai bahan revisi. Setelah itu dinilaikan kepada ahli materi dan pembelajaran, ahli media serta siswa dalam kelas kecil. Dalam penelitian ini, peneliti mereduksi tahap uji siswa dalam kelas besar atau uji lapangan. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan waktu yang digunakan untuk penelitian tidak memungkinkan mengkodisikan siswa dalam uji lapangan. Materi yang terdapat pada CD pembelajaran terdiri atas 6 subbab materi Himpunan, yaitu Pengertian Himpunan, Macam-macam Himpunan, Relasi Antar Himpunan, Diagram Himpunan, Irisan dan Gabungan, serta Menyelesaikan Masalah dengan Menggunakan Konsep Himpunan. Pada materi tersebut dilengkapi juga video sebagai pelengkap untuk memperjelas materi yang yang ada disertai juga dengan latihan soal sebagai bahan evaluasi. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan CD pembelajaran matematika dengan kualitas Sangat Baik (SB). Ini didapat berdasarkan skor ratarata 142,1 dari skor maksimal 165 dengan persentase keidealan adalah 86,12%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan sebagai alat belajar oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Iwan Kuswidi S.Pd.I.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Himpunan, Adobe Flash CS, pengembangan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:33
Last Modified: 21 Oct 2015 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum