KOMUNIKASI PERSUASIF PADA BULETIN DAKWAH AUSATH (EDISI JUNI 2003 - MEI 2005)

RAHMAWATI YUDHANI - NIM. 01210637 , (2009) KOMUNIKASI PERSUASIF PADA BULETIN DAKWAH AUSATH (EDISI JUNI 2003 - MEI 2005). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Berdakwah tidak harus bertatap muka antara da'i (subyek dakwah) dengan sasaran dakwah (obyek dakwah), apalagi di zaman sekarang yang mengalami perubahan dan pertumbuhan yang cepat, dalam kondisi yang selalu mengalami perubahan dan pertumbuhan, proses kegiatan dakwah perlu menggunakan alat bantu berupa media, guna memperoleh kemudahan dalam menyampaikan dakwah pada sasarannya. Media cetak sebagai salah satu bentuk sarana tekhnologi informasi dinilai efektif sebagai media dakwah, karena media cetak dapat dibaca oleh masyarakat luas, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga dapat dibaca kapan saja dan dimanapun secara praktis. Oleh karena itu berdakwah dengan menggunakan media cetak haruslah menggunakan bahasa yang mudah diterima dan dengan komunikasi yang tepat agar mudah diterima oleh masyarakat. Salah satunya adalah Buletin Dakwah Ausath yang mengemban misi dakwah Islamiyah merupakan salah satu dari sekian media cetak yang berbentuk buletin, pesanpesan yang disampaikan oleh Buletin Dakwah Ausath dikemas sebagus mungkin, sehingga kelihatan menarik dan meyakinkan supaya pembaca dapat dengan mudah memahaminya dan mengamalkan isi materi Buletin Dakwah Ausath. Komunikasi persuasif adalah satu komunikasi yang dilakukan dengan cara-cara persuasif, yakni mengandung ajakan atau himbauan. Komunikasi persuasif berusaha mendorong atau merangsang seseorang berbuat sesuatu sesuai yang kita kehendaki. Persuasi merupakan salah satu pendekatan psikologis dalam dakwah yang terdiri dari bebearpa teori pendekatan, kendati pandangan tentang efek komunikasi massa cukup kontroversi dikalangan pengamat komunikasi, beberapa penelitian menunjukkan komunikasi persuasif dapat dilakukan dalam komunikasi media massa. Melalui isi materinya pesan-pesan yang disampaikan Buletin Dakwah Ausath tidak hanya sekedar supaya diterima oleh khalayak tetapi bagaimana supaya pesan tersebut dapat dipahami dan dimengerti oleh khalayak, sehingga mampu mengubah khalayak menjadi aktif kreatif terhadap pesan dakwah. Melalui isi materinya, dalam Buletin Dakwah Ausath terdapat pendekatan persuasif dalam menyampaikan pesan-pesan dakwahnya kepada pembaca atau khalayak. Komunikasi persuasif dalam isi materi Buletin Dakwah Ausath akan dianalisa dengan metode Content Analysis (metode Analisis Isi), dengan menggunakan lima teknik persuasi. Yaitu teknik assosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran (pay off technique), teknik tataan (icing technique), teknik red hearing. Adapun prosedur analisanya. Pertama, dikategorisasikan untuk diketahui bentuk komunikasi persuasifnya dalam isi materi Buletin Dakwah Ausath. Kedua, diungkapkan makna isi materi buletin. Ketiga, dibuat kesimpulan dari hasil analisa yang dilakukan. Dari hasil analisa penulis memberikan kesimpulan bahwa di dalam isi materi Buletin Dakwah Ausath terdapat kelima teknik persuasif dan dengan harapan dapat diambil hikmah pelajarannya untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari juga dapat menjadi acuan dalam berdakwah melalui media cetak pada umumnya dan buletin pada khususnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DRS. MOKH NAZILI, M.PD
Uncontrolled Keywords: proses kegiatan dakwah, alat bantu media, Media cetak, tekhnologi informasi
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1809

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum