RESOURCE-BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA ABSTRAK

NUR ENDAH HESTIARINI, NIM. 02461161 (2007) RESOURCE-BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA ABSTRAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESOURCE-BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA ABSTRAK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RESOURCE-BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA ABSTRAK)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar dengan penggunaan metode Resource-based learning pokok bahasan listrik dinamis di SMAN 1 Binangun Cilacap. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif metode pembelajaran yang barn dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif yaitu suatu analisa deskriptif data non statistik dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XA tahun ajaran 2006/2007 dengan jumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi,LKS. Data yang terkumpul digunakan sebagai bahan refleksi, hasil refleksi merupakan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya.. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Prestasi belajar siswa kelas XA dari siklus kesiklus terus menuniukkan adanya peningkatan baik dari hasil pretest, post test, maupun LKS. Pada siklus I keaktifan siswa dalam pembelajaran masih kurang guru harus selalu memancing siswa untuk bertanyadan aklif dalam kegiatan pruktikum maupun presentasi. Pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa mulai dari bertanya, aktif dalam kegiatan praktikum, dan presentasi. Hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan dari siklus I ke sildus II. Pada siklus I terjadi peningkatan skor pretest dan posttest sebesar 12,52 %, pada siklus II terjadi peningkatan skor pretest dan posttest sebesar 13,29 %. Selain itu terjadi pula peningkatan nilai LKS dilihat dari nilai rata-rata siklus I 6,87 pada siklus II menjadi 8,44. 2) penelitian ini menunjukkan peningkatan partisipasi dan keaktifan siswa dari siklus ke siklus. 3) Guru semakin matang dalam menerapkan model resource – based. learning dalam pembelajaran dikelas, 4) Hasil yang dicapai relatif memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Resource-based learning. pembelajaran. Prestasi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Nov 2015 10:43
Last Modified: 25 Nov 2015 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum