PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERPARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH ATAU SMA ISLAM

PURWANTO, NIM. 03460511 (2007) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERPARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH ATAU SMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERPARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH ATAU SMA ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERPARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH ATAU SMA ISLAM)
BAB II, III, IV..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Pembelajaran Integrative Learning berparadigma Prophetic Intelligence pada penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi dan aktivitas siswa tehadap proses pembelajaran Pendidikan Sains khususnya Fisika Lebih spesifik untuk mengetahui bagaimana penerapan pola Integrative Learning Berparadigma Prophetic Intelligence dan pengaruh serta implikasinya dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah atau SMA Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak:an kelas dengan menggnnakan pola pembtdajarm InlflgrCJiiw Lflarning Berparadigma Prophfltk Intflllig"nc". Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IP A 2 MAN I Y ogyakarta dengan pokok bahasan termodinamika. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi (kegiatan guru dan siswa), pre-test dan post-test, catatan lapangan dan pencliti sendiri. Teknik analisa iliilam penelitian ilii menggufuil(ari fiiliius persentaSe .Ketx~diasilan. Penelitian tindakan kelas ini telah terlaksana dalam tiga siklus, dimana masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Dari basil test terlihat bahwa keberhasilan peneHtian ini tercapai pada siklus li, dengan angka keberhasilan tuntas sebesar 91,43 %. Hasil penelitian ini, prestasi siswa kelas XI IP A 2 MAN Y ogyakarta I, dalam mengikuti pembelajaran fisika pada pokok bahasan Termodinamika, dapat ditingkatkan dengan menggunakan pola pembelajaran Integrative leaming berparadigma Prophetic Intelligence. Pada setiap siklus prestasi siswa meningkat dengan mta-mta 73,62 % atau jika dibulatkan menjadi 74 %. Secara eksplisit pembelajaran fisika dengan menggunakan Integrative Learning berparadigma Prophetic Intelligence dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran :fisika khususnya di MAN Y ogyakarta I. key Word : integative Learning dan Prophetic inteligence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yusman Wiyatmo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: integative Learning dan Prophetic inteligence
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2015 08:12
Last Modified: 02 Dec 2015 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum