ANWA' AL AHKAM AL NAHWIYYAH FI SURAT AL FATIHAH WA TARIQAH TA'LIMIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MADAH WA AL TARIQAH)

AMALINA NURUSSOFA, NIM. 11421005 (2015) ANWA' AL AHKAM AL NAHWIYYAH FI SURAT AL FATIHAH WA TARIQAH TA'LIMIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MADAH WA AL TARIQAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANWA' AL AHKAM AL NAHWIYYAH FI SURAT AL FATIHAH WA TARIQAH TA'LIMIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MADAH WA AL TARIQAH))
BAB I, IV DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (ANWA' AL AHKAM AL NAHWIYYAH FI SURAT AL FATIHAH WA TARIQAH TA'LIMIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MADAH WA AL TARIQAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (955kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam hukum qoidah nahwu dalam surat al-fatihah serta metode dalam pembelajarannya. Penelitian ini adalah penelitian Pustaka yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menjadikan surat Al-fatihah dan materi-materi yang berkaitan dengan Qowaid Nahwu sebagai objek penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode Dokumentasi dengan banyak membaca dan menela’ah serta mencari referensi dari kitab-kitab dan lliteratur yang berkaitan dengan objek pembahasan. Adapun dalam analisis data peneliti menggunakan metode deduktive Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa macam-macam Qoidah nahwu yang terdapat dalam surat Al-Fatihah di antaranya: Fiil Madhi, Fiil Mudhari’, Fiil Amr, Fail, Maf’ul Bih, Mubtada beserta Khabarnya, Huruf-huruf Jer, Na’at Man’ut, Susunan Idhafah, Dhamir Muttashil dan Munfashil, Isim maushul, athaf Ma’thuf, Badal, dan Laa Al-Nafiyah. Sedangkan Metode pembelajaran yang tepat dalam hal ini adalah Metode Al- Mu’addalah karena metode ini dimulai dengan pneyebutan contoh seperti ayatayat tersebut dilanjutkan dengan menyimpulkan Qoidah dan karena surat Al Fatihah termasuk juga teks sastra. Kata Kunci : Hukum-hukum Nahwu, Surat Al-Fatihah, Metode Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. Sembodo Ardi W, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hukum-hukum Nahwu, Surat Al-Fatihah, Metode Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:02
Last Modified: 03 Dec 2015 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum