EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DIPADUKAN DENGAN METODE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA

ISTIQOMAH, NIM. 11600003 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DIPADUKAN DENGAN METODE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DIPADUKAN DENGAN METODE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DIPADUKAN DENGAN METODE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran MMP dipadukan dengan metode TGT daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman relasional siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas berupa pembelajaran dengan model pembelajaran MMP dipadukan dengan metode TGT dan pembelajaran konvensional, dan satu variabel terikat berupa pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 siswa. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran MMP dipadukan dengan metode TGT dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik nonparametrik berupa uji mann-whitney (Uji U). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran MMP dipadukan dengan metode TGT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman relasional siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Feb 2016 08:50
Last Modified: 18 Feb 2016 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum