PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA TIGA YOGYAKARTA)

ARIEF HIDAYAT, NIM. 10660046 (2016) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA TIGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA TIGA YOGYAKARTA))
10660046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA TIGA YOGYAKARTA))
10660046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sistem pengukuran kinerja yang tepat akan dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan informasi tentang sejauh mana tingkat kinerja perusahaan dalam mencapat target yang telah direncanakan dan dapat mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan dalam mencapai target tersebut. Selama ini Pamella Supermarket hanya menekankan pada aspek keuangan sebagai tolak ukur pengukuran kinerja, karena lebih mudah diterapkan. Pengukuran kinerja berdasarkan aspek keuangan saja dianggap tidak mampu mengukur aset tidak berwujud yang dimiliki perusahaan seperti sumber daya manusia, tingkat kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan dan kesetiaan pelanggan. Untuk memperbaiki kondisi yang seperti itu maka diperlukan metode pengukuran kinerja yang dapat mengidentifikasi kepuasan stakeholder secara keseluruhan. Metode yang dapat mengidentifikasi tingkat kinerja dan kepuasan seluruh stakeholder adalah metode Performance Prism. Pengukuran kinerja menggunakan metode Performance Prism merupakan pengukuran kinerja yang terintegrasi, meliputi seluruh aspek perusahaan meliputi kepuasan dan kontribusi setiap stakeholder. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini didukung dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan nilai bobot prioritas perusahaan pada setiap kriteria dan KPI setiap kriteria. Scoring sistem menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) untuk mengetahui nilai performansi total perusahaan. Perancangan pengukuran kinerja pada Pamella Tiga Supermarket Yogyakarta menghasilkan 38 KPI, 7 KPI perspektif Pimpinan Perusahaan 11 KPI perspektif Karyawan, 9 KPI perspektif konsumen, 6 KPI perspektif Suplier dan 5 KPI perspektif Masyarakat. Dari perhitungan pengukuran kinerja diperoleh nilai 7.26 yang berarti pencapaian kinerja Pamella Tiga Supermarket Yogyakarta menghasilkan kinerja yang sedang atau biasa-biasa saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pengukuran Kinerja, KPI, Performance Prism, AHP, OMAX
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Feb 2016 09:39
Last Modified: 19 Feb 2016 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19464

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum