PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA

NURUL FAIZAH LESTARI, NIM : 11480006 (2015) PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembiasaan membaca Al- Qur’an yang sebaiknya dilakukan dari sejak kecil. Awal mula penerapan pembiasaan ini siswa akan cenderung untung menolak namun karena setiap hari pembiasaan ini diterapkan maka pembiasaan lama kelamaan dapat berjalan dengan sendirinya. MI Muhammadiyah Watubelah Banjarnegara merupakan salah satu madrasah yang menggunakan pembiasaan membaca Al-Qur’an di pagi sebelum pembelajaran dimulai. Dalam penerapannya pembiasaan yang diterapkan di madrasah ini berbeda-beda disetiap kelas, contohnya untuk kelas I pembiasaan membaca Al-Qur’an dilakukan dengan cara guru memandu siswa dalam membaca Al-Qur’an dan siswa menirukannya kemudian untuk kelas V pembiasaan yang dilakukan dengan dua cara yaitu membaca Al-Qur’an secara bersama-sama dan hafalan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an kelas V MI Muhammadiyah Watubelah Banjarnegara? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembiasaan membaca Al-Qur’an kelas V MI Muhammadiyah Watubelah Banjarnegara? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yaitu peneliti berusaha untuk menjelaskan keadaan yang telah ada dengan tujuan menemukan fakta. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi dilakukan untuk menggambarkan pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an, wawancara dengan kepala madrasah, guru kelas V dan siswa kelas V serta dokumentasi. Hasil pengamatan program pembiasaan membaca Al-Qur’an kelas V dilaksanakan dengan dua kegiatan yaitu kegiatan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama dan kegiatan hafalan sendiri-sendiri. Pembiasaan yang diterapkan pada kelas V ini bertujuan untuk membantu siswa pada saat siswa di kelas VI, karena di kelas VI akan dilaksanakan Khotmil Qur’an. Faktor pendukung pembiasaan membaca Al-Qur’an kelas V yaitu siswa yang mematuhi tata tertib madrasah dan ketentuan hafal juz 30 dijadikan sebagai syarat untuk naik ke kelas VI, dan pengawasan dari guru. Faktor penghambat yaitu kurangnya alokasi waktu dan siswa kelas V yang banyak mengikuti latihan dalam rangka Pekan Olahraga Daerah pada Bulan Januari – Februari. Kata Kunci: Pembiasaan, Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Membaca Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP
Date Deposited: 22 Feb 2016 13:18
Last Modified: 22 Feb 2016 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum