KEGIATAN KHITOBAH DZUHUR UNTUK MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MAN 2 WATES YOGYAKARTA

AHMAD RIFAI, NIM. 11470085 (2016) KEGIATAN KHITOBAH DZUHUR UNTUK MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MAN 2 WATES YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN KHITOBAH DZUHUR UNTUK MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MAN 2 WATES YOGYAKARTA)
11470085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN KHITOBAH DZUHUR UNTUK MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MAN 2 WATES YOGYAKARTA)
11470085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (858kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan siswa di dalam lembaga pendidikan yang masih kurang memiliki rasa percaya diri yang salah satunya adalah proses pembelajaran di kelas. Kondisi siswa yang masih kurang memiliki rasa percaya diri seperti siswa masih mengandalkan teman yang paling pintar dan paling berani berargumen di kelas. Apabila guru memberikan pertanyaan hanya beberapa siswa yang mau berpartisipasi dalam kelas, sedangkan mayoritas hanya diam. Oleh sebab itu dengan kegiatan Khitobah diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan rasa percaya dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni menurut Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Kegiatan Khitobah dilaksanakan setelah shalat dzuhur secara berjama’ah dengan mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Siswa menjelaskan materi kultum selama kurang lebih 7 sampai 10 menit, boleh dilakukan dengan tekstual maupun kontekstual. Materi yang disampaikan mengandung nilai-nilai kebaikan maupun keislaman. Namun tidak mengandung materi yang menjustifikasi masalah hukum tertentu. Untuk menghindari hal tersebut perlu evaluasi untuk perbaikan kegiatan ini. Evaluasi bisa secara langsung ketika siswa menyampaikan materi yang salah, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Khitobah di akhir semester. Dalam perkembangannya kegiatan Khitobah juga dilakukan pada hari Jum’at. (2) Hasil kegiatan Khitobah untuk membentuk rasa percaya diri siswa dapat diukur dari pencapaian tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Sehingga dari tujuan tersebut, siswa dapat melatih diri berbicara di depan umum, melatih menyampaikan gagasan / pemikiran, melatih keberanian siswa, beramar ma’ruf nahi munkar, dan menjadi kebutuhan masyarakat. Hasil yang diperoleh atau dampak yang dirasakan adalah siswa mampu berperan aktif dalam diskusi kelas, lebih berani menyampaikan pendapat ketika guru menyampaikan pertanyaan, lebih memperhatikan penyampaian guru, siswa lebih mudah menyampaikan materi ketika presentasi di kelas, dan mampu kultum di masyarakat dalam kegiatan SKN (Sekolah Kerja Nyata) sehingga dari hal tersebut siswa mampu membentuk rasa percaya dirinya (3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan Khitobah Dzuhur dalam membentuk rasa percaya diri siswa. Faktor pendukung antara lain; motivasi guru pembimbing, motivasi dari siswa, persiapan materi, dan pengalaman diri.. Faktor penghambat yakni jama’ah ribut sendiri, lupa materi, kesiapan diri yang kurang, dan kesadaran diri yang lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Juwariyah, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Khitobah, Percaya diri
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2016 13:37
Last Modified: 22 Apr 2016 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum