INTEGRASI GENDER DALAM KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Telaah Atas Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Dosen PAl dan PG:MI) Tahun 2011

MARHUMAH, - (2011) INTEGRASI GENDER DALAM KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Telaah Atas Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Dosen PAl dan PG:MI) Tahun 2011. In: DINAMIKA PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM. Bunga Rampai, Vol. 1 (No. 1). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta, pp. 17-34. ISBN 978-602-9073-29-4 (In Press)

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM)
DINAMIKA PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM +.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Secara definisi, gender adalah sebuah atribut dan pernilikan yang dibentuk secara kultural yang ada pada laki-laki atau perempuan. Dalam pengertian lain gender membedakan struktur setiap aspek kehidupan manusia. 1 Sebagai sebuah isu baru, gender merupakan konsep yang mengacu pada seperangkat · at, peran dan tanggungjawab, fungsi , hak dan perilaku yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan akibat bentukan budaya.2 Masyarakatlah yang menciptakan sikap dan perilaku berdasarkan gender, yang menentukan apa 'angseharusnya membedakan perempuan dan laki-laki. Keyakinan tersebut di\ ariskan secara turun temurun, melalui proses sosialisasi baik dalam 'eluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Gender, pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 May 2016 09:56
Last Modified: 04 May 2016 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum