PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

FITRIANI NURAMIRULMANAN, NIM : 11600017 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING)
11600017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING)
11600017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa, serta mengetahui peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran discovery learning dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa model pembelajaran discovery learning dan KAM dengan variabel terikat berupa kemampuan literasi dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen pengumpulan data dan instrumen pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal pretest-posttest kemampuan literasi matematis, skala disposisi matematis dan catatan lapangan, sedangkan instrumen pembelajaran yang digunakan berupa RPP dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik barupa uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat interaksi antar pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan literasi matematis siswa. (2) Peningkatan kemampuan leterasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antar pembelajaran dan KAM terhadap disposisi matematis siswa. (4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis secara signifikan antara siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Discovery Learning
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:32
Last Modified: 02 Jun 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum