KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK INKLUSI ABA NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

SAUDAH, NIM. 1420430008 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK INKLUSI ABA NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK INKLUSI ABA NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
1420430008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK INKLUSI ABA NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
1420430008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Terwujudnya tujuan Pendidikan Nasional tidak terlepas dari peran guru. Hadirnya standar yang ditetapkan untuk menjamin profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang penting dimiliki setiap guru khususnya guru PAUD agar guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik dengan berpegang pada prinsip belajar anak usia dini yaitu bermain sambil belajar sehingga dapat mewujudkan perkembangan anak secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, Mengetahui dan menganalisis tentang kompetensi pedagogik guru PAUD. Kedua, Mengetahui dan menggali upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik. Ketiga, Mengetahui dampak kompetensi pedagogik guru tarhadap perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil latar di TK Inklusi ABA Nitikan Umbulharjo Yogyakarta. Tehnik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan tehnik analisis trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, kompetensi pedagogik guru PAUD dalam meningkatkan perkembangan anak di TK Inklusi ABA Nitikan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan guru dalam melaksanakan delapan indikator kompetensi pedagogik guru PAUD meliputi Mengorganisasikan aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, Menganalisis teori bermain sesuai aspek dan tahap perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat dan minat anak usia dini, Merancang kegiatan pengembangan anak usia dini berdasarkan kurikulum, Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik, Mengembangkan potensi anak usia dini untuk mengaktualisasikan diri, Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun, Menyelenggarakan dan membuat laporan penilaian evaluasi proses dan hasil belajar anak usia dini, Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik dalam proses pembelajaran. Kedua, Upaya guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogiknya melalui kegiatan seminar, workhshop, organisasi keguruan (KKG), pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG), Uji kompetensi Guru (UKG), pendidikan, menindaklanjuti hasil evaluasi yang dilakukan kepala sekolah melalui kegiatan supervisi. Ketiga, Kompetensi pedagogik guru PAUD berdampak pada lima aspek perkembangan, yaitu aspek fisik motorik meliputi gerak fisik dan keterampilan, aspek kognitif meliputi pengetahuan dan kemampuan berfikir anak, aspek bahasa berhubungan dengan kemampuan berbahasa anak, aspek sosial emosional berkaitan dengan kemampuan bersosial anak, aspek nilai agama dan moral mencakup perilaku dan pengetahuan keagamaan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabaruddin M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, pedagogik, guru PAUD
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jun 2016 08:40
Last Modified: 08 Jun 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum