IMPLEMENTASI KURIKULUM MEMBATIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

UMI LATIFAH, NIM . 11480001 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM MEMBATIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MEMBATIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
11480001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MEMBATIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
11480001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan organisasi, tahap-tahap serta faktor penghambat dan pendukung implementasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, reduksi data dengan memilih dan memfokuskan data yang penting, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa organisasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul dalam bentuk: tujuan yaitu mengenalkan batik kepada peserta didik, materi yang diajarkan adalah batik tulis, metode yang digunakan dalam pembelajaran Membatik adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan, serata evaluasi yang digunakan adalah penilaian formatif dan sumatif. Tahap-tahap dalam implementasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul dibagi menjadi tiga yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Faktor penghambat implementasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul adalah kurangnya jam pelajaran, jumlah peralatan yang tidak seimbang dengan jumlah peserta didik, dan tidak ada laboratorium khusus untuk praktek membatik. Sedangkan faktor pendukung implementasi kurikulum membatik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul adalah lingkungan masyarakat, minat siswa yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran membatik, dukungan semua pihak baik dari kepala sekolah dan guru, adanya fasilitas Gazebo, dan guru yang terlatih atau profesional yaitu guru yang sudah bisa membatik dan sudah mengikuti latihan-latihan dalam membatik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ANDI PRASTOWO, M. Pd. I,
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Membatik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 May 2016 08:42
Last Modified: 25 May 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum