EFEKTIVITAS TERAPI EMPATI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

ADINAR FATIMATUZZAHRO, NIM. 12710024 (2016) EFEKTIVITAS TERAPI EMPATI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS TERAPI EMPATI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR)
12710024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS TERAPI EMPATI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR)
12710024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of therapy in reducing bullying behavior empathy in primary school age children and to tackle issues of bullying behavior since basic education (elementary school) with empathy therapy. Subjects in this study were four students aged 10-12 years and had a propensity score bullying of moderate to high . The design was one group pre - test- post-test . Collecting data in this study was conducted using a scale of bullying behavior tendency with behavioral checklist model prepared by the researcher . Data analysis methods used by using techniques Wilcoxon Signed Rank Test to test for differences in the data score pre test, post test and post test2 (follow up). Results of the analysis score pre test-post test showed p value of 0.001 and post test2 (follow up) p value of 0.002. It can be concluded that the therapy empathy is effective in reducing the empathy bullying behavior in children of primary school age. Keywords : Therapy Empathy , Bullying Behavior [ABSTRAK INDONESIA] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi empati dalam menurunkan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar dan untuk menanggulangi permasalahan perilaku bullying sejak dari pendidikan dasar (Sekolah Dasar). Subjek dalam penelitian ini adalah empat siswa berusia 10-12 tahun dan memiliki skor kecenderungan perilaku bullying dari sedang sampai tinggi. Desain yang digunakan adalah one group pre-test- post-test. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecenderungan perilaku bullying dengan model behavioral checklist yang disusun oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed Rank Test untuk menguji perbedaan skor data pre test, post test dan post test2 (follow up). Hasil analisis pre test-post test menunjukan nilai p sebesar 0.001 dan post test2 (follow up) nilai p sebesar 0.002. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi empati efektif untuk menurunkan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar. Kata kunci: Terapi Empati, Perilaku Bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miftahun Ni’mah Suseno S.Psi., MA., Psi
Uncontrolled Keywords: Terapi Empati, Perilaku Bullying, Therapy Empathy , Bullying Behavior
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:12
Last Modified: 01 Jun 2016 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum