IMAGES PROCESSING DI BALAI LAYANAN GRHATAMA PUSTAKA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DONNI RUSDI AGUSTAF, NIM. 12130013 (2016) IMAGES PROCESSING DI BALAI LAYANAN GRHATAMA PUSTAKA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMAGES PROCESSING DI BALAI LAYANAN GRHATAMA PUSTAKA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
12130013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (IMAGES PROCESSING DI BALAI LAYANAN GRHATAMA PUSTAKA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
12130013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang images processing sebagai proses digitalisasi dalam pelestarian informasi. Bertujuan untuk menggambarkan. Alur kerja proses pelestarian informasi dalam image processing dan mengidentifikasi berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan. Digitalisasi (image processing) di balai layanan gtp. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif.metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara atau interview, metode dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pelaksanaan image processing dalam pelestarian dilakukan dengan cara mengalih mediakan kandungan informasi melalui 6 tahap Pengumpulan dan Seleksi Bahan Pustaka, Pengecekan Kondisi Fisik Bahan Pustaka, Pengecekan Kondisi Fisik Bahan Pustaka, Scanning / Capturing File (Pengambilan Gambar), Editing dan Compiling (Fix Orientasi, Split Pages, Deskew, Select Content, Page Layout, Output dan Compiling dengan Adobe Acrobat XI Pro) dilanjudkan Pengemasan. Kendala yang dihadapi dalam image processing perlu adanya SOP yang mengatur dengan tegas dalam pelaksanaan Alih media khususnya Image Processing, banyaknya koleksi yang perlu dialihmediakan dan image processing ini pihak pelestarian kualahan, maka perlu diatur sedemikian rupa agar lebih teratur, terjadwal dan berkelanjutan. Selain itu masih kurangnya peralatan untuk menunjang kegiatan proses pelestarian digital (digitalisasi) alih media melalui image processing.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information: Drs. Djazim Rohmadi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Proses Pelestarian, Pelestarian Informasi, Koleksi Digital, Alih Media, Digitalisasi, Images Processing
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Jul 2016 15:44
Last Modified: 19 Jul 2016 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20942

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum