PARTISIPASI WARGA BINAAN TERHADAP PROGRAM BIMBINGAN KERJA (BIMKER) DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA

ARGO TRY ANGGONO PUTRO, NIM. 12250105 (2016) PARTISIPASI WARGA BINAAN TERHADAP PROGRAM BIMBINGAN KERJA (BIMKER) DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI WARGA BINAAN TERHADAP PROGRAM BIMBINGAN KERJA (BIMKER) DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA)
12250105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI WARGA BINAAN TERHADAP PROGRAM BIMBINGAN KERJA (BIMKER) DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA)
12250105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (759kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2016, dengan tujuan untuk mengetahui partisipasi warga binaan terhadap program bimbingan kerja. Awal ketertarikan peneliti dilatarbelakangi oleh banyaknya warga binaan yang mengikuti program bimbingan kerja di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta. Warga binaan dapat mengikuti program bimbingan kerja (BIMKER) setelah mereka selesai mengikuti program sebelumnya yaitu program masa pengenalan lingkungan (mapenaling). Partisipasi warga binaan akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan program bimbingan kerja itu sendiri. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui partisipasi warga binaan terhadap program bimbingan kerja di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah petugas bimbingan kerja, warga binaan pemasyarakatan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsaan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi warga binaan terhadap program bimbingan kerja di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta diwujudkan dalam bentuk, sumbangan ide tentang keterampilan baru yang diberikan warga binaan kepada petugas, sumbangan tenaga yang diberikan warga binaan untuk menunjang produksi, edukasi yang diberikan warga binaan lama kepada warga binaan baru, keguyupan warga binaan dalam tolong-menolong ketika ada anggota lain yang sakit atau kesusahan dan keaktifan warga binaan dalam memperhatikan dan memberi tanggapan terhadap pelatihan keterampilan kerja yang diberikan. Sedangkan motif warga binaan dalam program bimbingan kerja di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta adalah karena kebutuhan dalam belajar dan diakui status sosialnya, sedangkan motif ekonomi tidak begitu mempengaruhi warga binaan dalam mengikuti program bimbingan kerj

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Izzul Haq, S.Sos., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Warga Binaan dan Bimbingan Kerja
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Jul 2016 15:39
Last Modified: 27 Jul 2016 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum