PERAN HAFIDHAH DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL QURAN SARIHARJO, NGAGLIK SLEMAN, DIY

RETNOATI, NIM. 11120134 (2016) PERAN HAFIDHAH DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL QURAN SARIHARJO, NGAGLIK SLEMAN, DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN HAFIDHAH DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL QURAN SARIHARJO, NGAGLIK SLEMAN, DIY)
11120134_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN HAFIDHAH DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL QURAN SARIHARJO, NGAGLIK SLEMAN, DIY)
11120134_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peran hafidhah di Pondok Pesantren Taruna Al Quran adalah bentuk peran para hafidhah dalam mendedikasikan dan mengabdikan diri dalam upaya melahirkan generasi qurani, dari generasi ke generasi. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Taruna Al Quran yang terletak di jalan Lempongsari No. 4A Sariharjo, Ngaglik Sleman, DIY. Metode pengajar di pondok pesantren ini, mengajarkan al-Quran melalui tahfid, tahsin dan kajian-kajian yang menunjang hafalan para santriwati seperti, kajian akhlak ba’da maghrib atau ba’da subuh serta kajian hadist ba’da ashar. Para hafidhah ini rela mendedikasikan dan mengabdikan dirinya tanpa harus digaji sesuai dengan standar UMR serta mereka juga mengesampingkan keahlian yang dimiliki demi untuk melahirkan generasi qurani. Menganalisa masalah penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Sosiologi yaitu pendekatan yang digunakan untuk mempelajari tentang masyarakat. Teori yang digunakan adalah konsep peranan sosial. Metode penilitian yang digunakan adalah metode penelitian budaya yaitu suatu proses fenomena yang menunjuk pada keseluruhan cara hidup, aktifitas, kepercayaan dan kebiasaan individu, kelompok dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hafidhah dalam menjalankan perannya sebagai guru al-Quran, pembina asrama dan sebagai teman bagi para santriwati adalah melalui proses belajar mengajar al-Qutran dalam 3 waktu yaitu pagi, sore dan malam, bertanggunjawab dan membimbing santriwati dalam 24 jam di lingkungan pondok pesantren serta memberi dorongan bagi santriwati melalui curhat dan berbagi pengalaman baik tentang al-Quran maupun yang lainnya. Motivasi hafidhah dalam mengajarkan al-Quran di Pondok Pesantren Taruna Al Quran Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY yaitu dalam peran sabagai guru, pembina asrama dan teman dapat melalui 2 cara yaitu dorongan untuk pemenuhi kebutuhan sendiri dan dorongan untuk memenuhi kebutuhan pondok pesantren. Pengaruh yang terjadi akibat peran hafidhah dalam belajar mengajar al- Quran yaitu pengaruh terhadap hafalan santriwati baik dalam aktivitas mengahafal maupun pada pembentukan akhlak dan pengaruh terhadap pendidikan formal santriwati. Kata Kunci: Hafidhah, Pesantren Taruna,Peranan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zuhrotul Latifah S.Ag. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Hafidhah, Pesantren Taruna,Peranan Sosial
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:31
Last Modified: 14 Dec 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum