PENGARUH KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ANAAS TRI RIDLO DINA YULIANA, NIM. 12490019 (2016) PENGARUH KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif dengan model studi korelasi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hubungan dan besar kontribusi variabel kompensasi (X1) dan kepuasan kerja (X2) terhadap variabel kinerja dosen (Y) ketika dikontrol dengan variabel komitmen organisasi (Z) dengan mendasarkan pada teori Dua Faktor yang dicetuskan oleh Frederick Herzberg. Penelitian skripsi ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan sampel sebesar 57 dosen dari populasi sebesar 94 dosen. Penarikan sampel didasarkan pada kaidah Probability Sampling dengan teknik cluster random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kompensasi (X1) dan kepuasan kerja (X2). Sedangkan variabel dependennya adalah kinerja dosen (Y). Dalam penelitian ini juga dipetakan variabel kontrol berupa komitmen organisasi (Z). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sementara metode analisis dalam penelitian ini adalah dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Product and Social Sciences). Hasil perbandingan antara koefisien korelasi bivariat (X1 = kompensasi dan Y = kinerja dosen) dan koefisien korelasi parsial (X1 = kompensasi, Z = komitmen organisasi dan Y = kinerja dosen) menunjukkan bahwa ryx1 > ryx1z yaitu 0.317 > 0.268. Artinya, kompensasi berpengaruh terhadap kinerja dosen karena dimediasi oleh komitmen organisasi. Hasil regresi membuktikan nilai β1 = 0.153 dan β2 = 0.383, dimana kontribusi kompensasi dan komitmen organisasi mampu meningkatkan kinerja dosen sebesar 54%. Artinya, ketika dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga memiliki kompensasi dan komitmen organisasi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja dosen sebesar 54%. Sedangkan, pada variabel kepuasan kerja diperoleh hasil korelasi bivariat (X2 = kepuasan kerja dengan Y = kinerja dosen) signifikan yaitu 0.001 < α 0.05, sedangkan hasil korelasi parsial (X2 = kepuasan kerja, Z = komitmen organisasi, dan Y = kinerja dosen) tidak signifikan karena angka signifikan 0.086 > α 0.05, sehingga kepuasan kerja benar-benar secara linier berpengaruh terhadap kinerja dosen. Hasil regresi membuktikan nilai koefisien regresi kepuasan kerja (β) sebesar 0.267, dimana kontribusi kepuasan kerja mampu meningkatkan kinerja dosen sebesar 27%. Artinya, ketika dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki kepuasan kerja yang tinggi sekalipun tidak memiliki komitmen organisasi dapat meningkatkan kinerja dosen sebesar 27%. Kata kunci: Kompensasi, Kepuasan Kerja, Kinerja, dan Komitmen Organisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Kompensasi, Kepuasan Kerja, Kinerja, dan Komitmen Organisasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2016 09:33
Last Modified: 27 Sep 2016 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum