IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DI MTs MU’ALLIMIN SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AL MAKKAWI SYUKRON SYAHBANA, NIM : 09420128 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DI MTs MU’ALLIMIN SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DI MTs MU’ALLIMIN SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
09420128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DI MTs MU’ALLIMIN SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
09420128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Arab Kurikulum 2013, Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran bahasa Arab Kurikulum 2013, serta upaya yang dilkukan guru bahasa Arab dalam mengembangkan pembelajaran bahasa Arab Kurikulum 2013 di MTs Mu’allimin Sruweng Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini mengambil latar belakang MTs Mu’allimin Sruweng Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi sebagai penguat. Data yang telah terkumpul dari penelitian ini dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Implementasi pembelajaran bahasa Arab Kurikulum 2013 di MTs Mu’allimin Sruweng Kebumen sudah berjalan namun belum maksimal. Ditandai dengan adanya perencanaan RPP yang belum sesuai dengan struktur kurikulum 2013, pembelajaran yang belum sesuai dengan RPP yang ada, media pembelajaran belum lengkap. Faktor pendukung: pendidik selalu berusaha menambah pengetahuan tentang kurikulum 2013 dengan mengikuti kegiatan workshop, bimtek, dan diskusi tentang Kurikulum 2013 serta adanya buku pegangan guru dan buku siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: pemahaman pendidik dalam kurikulum 2013 masih terbatas, perlunya adaptasi terhadap kurikulum 2013, kurangnya sarana dan prasarana seperti LCD, laboratorium bahasa Arab dan ketersediaan buku penunjang yang kurang lengkap, seperti kamus bahasa Arab, serta penyusunan RPP yang belum konsisten. Upaya guru bahasa Arab mengembangkan implementasi pembelajaran bahasa Arab Kurikulum 2013 antara lain: menambah wawasan/memperbaharui penggunaan tekhnologi informasi karena kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis tekhnologi, selalu berusaha membuat RPP yang baik kemudian menerapkannya, bekerjasama dengan sekolah untuk mempertahankan atau mengembangkan program-program yang mendukung pengetahuan siswa terkait bahasa Arab, selalu kreatif dalam penggunaan metode dan strategi pembelajaran. Kata Kunci : Implementasi pembelajaran, Bahasa Arab, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi pembelajaran, Bahasa Arab, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2016 09:57
Last Modified: 14 Sep 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum