METODE PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI MANTAN PECANDU NARKOBA DI PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

HASBI, NIM. 1420411128 (2016) METODE PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI MANTAN PECANDU NARKOBA DI PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI MANTAN PECANDU NARKOBA DI PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
1420411128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI MANTAN PECANDU NARKOBA DI PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
1420411128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pentingnya kesadaran diri dalam menghadapi masalah dan tantangan hidup ini akan membawa kepada kesadaran bahwa manusia tidak ada artinya apaapa dihadapan Allah SWT sehingga semua tingkah laku, baik berupa kegiatan fisik maupun pikiran akan senantiasa digantungkan kepada Allah SWT semata. Tetapi tidak semua manusia mengetahui tentang hal itu sehingga, ketika berhadapan dengan suatu masalah yang mengakibatkan timbulnya frustasi, stress, kekalutan mental, dan lain-lain, justru mencari penyelesaian dengan pelarian pada jalan yang salah, seperti mabuk-mabukan dan mengosumsi Napza sehingga bukannya menyelesaikan masalah namun sebaliknya masalah bertambah semakin parah. Rehabilitasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menaggulangi atau menetralisir penyalahgunaan narkoba. Salah satu diantara sekian banyak panti rehabilitasi yang ada adalah Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir yang terletak di Berbah Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kulitatif dengan mengambil latar di Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir Berbah Sleman Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber utama dalam penelitian ini adalah ketua Panti Reghabilitasi Pondok Tetirah Dzikir selaku guru utama pembinaan agama Islam, selain para mantan pecandu narkoba. Proses penyajian data dilakukan dengan pendekatan diskriptif naturalistik, yakni memaparkan berbagai kondisi obyektif yang ditemukan di lapangan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pembinaan agama Islam bagi mantan pecandu narkoba. Kegiatan yang dilakukan di Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir melalui tiga tahapan, pertama, pra-pembinaan; kedua, pembinaan agama yang terdiri dari pembinaan dzikir shalat, puasa, qiyamu lail, mandi taubat, ceramah agama, doa-doa masnunah, dan motivasi. Sedangkan segi pendidikan terdiri dari pembelajaran akidah, akhlak, fiqih, dan baca tulis Al-Qur‟an; ketiga, pembinaan pasca-sembuh. Pembinaan yang dilakukan di Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir cukup baik, mampu mengubah pola hidup para klien kearah yang lebih positif dengan bukti bahwa mereka bisa kembali menjadi manusia yang berfungsi kembali di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M. Ag., MSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Pecandu Narkoba, Panti Rehabilitasi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:23
Last Modified: 05 Aug 2016 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum