PENYALURAN INVESTASI MUDARABAH DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA RO TANWIR NUSANTARA (GEDONG KUNING) YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

EVA RISDIANA, NIM. 12380014 (2016) PENYALURAN INVESTASI MUDARABAH DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA RO TANWIR NUSANTARA (GEDONG KUNING) YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYALURAN INVESTASI MUDARABAH DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA RO TANWIR NUSANTARA (GEDONG KUNING) YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
12380014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENYALURAN INVESTASI MUDARABAH DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA RO TANWIR NUSANTARA (GEDONG KUNING) YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
12380014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Investasi dalam dunia bisnis saat ini sangat diminati oleh orang yang memiliki banyak uang namun tidak mempunyai keahlian untuk mengembangkan usaha. Lembaga Keuangan Syariah saat ini pun sedang gencar-gencarnya mengembangkan produk-produk keuangan syariah. PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Tanwir Nusantara (Gedong Kuning) Yogyakarta merupakan lembaga keuangan syariah non bank yang merupakan salah satu cabang dari PT Syarikat Takaful Indonesia (Takaful Indonesia) yang ada di wilayah Yogyakarta. Peneliti tertarik untuk meneliti penyaluran investasi Mudarabah di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Tanwir Nusantara (Gedong Kuning) Yogyakarta ditinjau dari Fatwa DSN-MUI terutama mekanisme penyaluran investasi Mudarabah. Penelitian ini merupakan (field research) penelitian lapangan, yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Studi lapangan yang meliputi observasi secara langsung dan wawancara terstruktur kepada pihak PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Tanwir Nusantara (Gedong Kuning) Yogyakarta. Penelitian ini bersifat prespektif yaitu memberi penilaian baik atau buruk terhadap penyaluran investasi Mudarabah di perusahaan Asuransi. Analisis data menggunakan Fatwa DSN-MUI No. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syari‟ah dan fatwa No: 51/DSN-MUI/III/2006 tentang Mudarabah Musyarakah Asuransi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran investasi Mudarabah di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Tanwir Nusantara (Gedong Kuning) Yogyakarta tidak sesuai dengan Fatwa DSN-MUI karena pengaruh pola pikir konvensional yang mengedepankan keuntungan semata masih tersirat pada perusahaan ini yaitu memberikan jaminan bunga tertentu, melakukan risk averse (penghindaran resiko) dan perusahaan menetapkan standar nisbah bagi hasil pada takaful fulnadi atau takaful pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. TAMTOWI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: .
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Aug 2016 14:29
Last Modified: 09 Aug 2016 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21544

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum