PELAKSANAAN PROGRAM KELAS TAHFIDZ DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Tri Astuti, NIM: 11480054 (2016) PELAKSANAAN PROGRAM KELAS TAHFIDZ DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM KELAS TAHFIDZ DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
11480054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM KELAS TAHFIDZ DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
11480054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Melihat di zaman modern ini, banyaknya pengaruh teknologi dan berbagai fasilitas bermain yang semakin beragam sehingga tidak mudah untuk menumbuhkan kesadaran bagi umat Islam, khususnya anak-anak untuk menghafalkan Al-Qur‟an. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu wadah atau tempat untuk menggerakkan dan memotivasi anak-anak dalam menghafal Al-Qur‟an. Salah satu sekolah yang mengajarkan pembelajaran Taḥfīẓul Qur’ān adalah MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Melalui program ini, diharapkan mampu mencetak generasi Qur‟ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap Al-Qur‟an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup, dan rujukan segala urusannya. Untuk menarik minat siswa dalam menghafalkan Al-Qur‟an tentu dibutuhkan pengelolaan program pembelajaran yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi psikologis anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana perencanaan pelaksanaan program kelas tahfidz di MIN Tempel Sleman Yogyakarta, (2) bagaimana pelaksanaan program pembelajaran di kelas tahfidz MIN Tempel Sleman Yogyakarta, (3) bagaimana evaluasi pelaksanaan program pembelajaran di kelas tahfidz MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek dalam penelitian ini, meliputi: kepala madrasah, koordinator progam, koordinator lapangan, ustadz/ustadzah pendamping, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) Perencanaan pelaksanaan program kelas tahfidz di MIN Tempel disusun dengan merumuskan tujuan dan target program, menetapkan materi pelajaran, merekrut guru pembimbing, menyeleksi peserta didik, menyediakan fasilitas yang memadai, serta memaksimalkan dana operasional. 2) Pelaksanaan program pembelajaran di kelas tahfidz MIN Tempel berlangsung dengan baik. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama 5 x 90 menit dalam seminggu. Proses pembelajaran meliputi pembukaan, muroja’ah, setor hafalan, dan penutup. Metode yang digunakan yaitu metode penugasan, takrir, dan setor hafalan. Fasilitas yang menunjang yaitu ruang kelas, juz „amma, diktat surat-surat pilihan, dan buku pantau kegiatan Hifdzul Qur’an. 3) Evaluasi pelaksanaan program pembelajaran di kelas tahfidz MIN Tempel menggunakan sistem setor hafalan, yaitu evaluasi setor harian dan ujian tahfidz pada akhir semester. Jumlah lulusan kelas tahfidz MIN Tempel pada tahun ajaran 2014/2015 mencapai persentase sebesar 65% (28 orang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Jauhar Hatta, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Program Tahfidz
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Aug 2016 14:57
Last Modified: 09 Aug 2016 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21558

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum