PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN

Rizqi Amaliah, NIM. 12480017 (2016) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A MI MA’ARIF BEGO DEPOK S)
12480017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A MI MA’ARIF BEGO DEPOK SLEMAN)
12480017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VA MI Ma’arif Bego dan seberapa besar sumbangan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya seluruh siswa kelas VA MI Ma’arif Bego yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang diteliti sama dengan populasi yaitu seluruh kelas V A MI Ma’arif Bego yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Pengujian instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Data Penelitian berupa data angket dan dokumentasi prestasi belajar siswa yang dianalisis dengan uji t menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 23,00. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V A. Hal ini diperoleh melalui perhitungan analisis uji tregresi diketahui thitung sebesar 4,461 sedangkan ttabel sebesar 2,060. Karena thitung (4,461) > ttabel (2,060) dan dengan uji signifikansi diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswa (2) Besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh X (Kedisiplinan Belajar) terhadap Y (Prestasi Belajar Siswa) adalah 41,5 %, yang mempunyai arti bahwa prediktor kedisiplinan belajar memiliki daya pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 41,5 % dan sisanya 58,5 % dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Aug 2016 10:50
Last Modified: 10 Aug 2016 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum