PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA UNTUK MI/SD KELAS VI SEMESTER II DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

ARNINDA WIJAYANTI, NIM: 12480028 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA UNTUK MI/SD KELAS VI SEMESTER II DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA UNTUK MI/SD KELAS VI SEMESTER II DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS)
12480028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA UNTUK MI/SD KELAS VI SEMESTER II DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS)
12480028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas LKPD IPA untuk MI/SD kelas VI semester II dengan pendekatan keterampilan proses sains dari beberapa penilaian para ahli, peer reviewer, guru wali kelas, dan respon peserta didik. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Develop (Pengembangan), dan terakhir tahap Disseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk berupa lembar penilaian kualitas LKPD IPA dan lembar angket respon peserta didik berupa checklist dan lembar saran. LKPD IPA dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli bahasa, 2 peer reviewer, dan 3 pendidik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MI/SD yang terdiri dari 28 peserta didik. Hasil Penelitian pengembangan LKPD IPA berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi termasuk kedalam kategori B (Baik) sebesar 3,9; berdasarkan ahli media termasuk kedalam kategori SB (Sangat Baik) sebesar 4,35; berdasarkan ahli bahasa termasuk kedalam kategori SB (Sangat Baik) sebesar 4,67; berdasarkan peer reviewer termasuk kedalam kategori SB (Sangat Baik) sebesar 4,64; dan berdasarkan pendidik kelas VI MI/SD termasuk kedalam kategori SB (Sangat Baik) sebesar 4,47. LKPD IPA dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian “Positif” dengan persentase sebesar 96,43%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD IPA untuk MI/SD kelas VI semester II dengan pendekatan keterampilan proses sains yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan, LKPD, IPA, keterampilan proses sains
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:54
Last Modified: 11 Aug 2016 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21589

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum