IMPLEMENTASI KURIKULUM SYARI'AH BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) MASARAN SRAGEN

RONI MUSLIKAH. NIM. 05410150, (2009) IMPLEMENTASI KURIKULUM SYARI'AH BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) MASARAN SRAGEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM SYARI’AH BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) MASARAN SRAGEN)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM SYARI’AH BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) MASARAN SRAGEN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRACT Latar belakang penelitian ini adalah bahwa rusaknya moralitas anak bangsa saat ini diklaim sebagai kegagalan pendidikan yang ada, sehingga para stakeholder pendidikan merasa perlu menciptakan inovasi baru bagi pendidikan dalam menghadapi arus globalisasi saat ini. Pemerintah Indonesia selalu mengadakan pembaharuan dalam pendidikan, kurikulum yang ada di Indonesia telah banyak mengalami perubahan dan perbaikan. Mengingat kurikulum berkedudukan sentral pada seluruh kegiatan pendidikan. Namun kurikulum yang ada saat ini masih menunjukkan adanya dikotomi keilmuan, hal ini mengakibatkan ketidak seimbangan perkembangan kemampuan intelektual dan spiritual anak. SDMT Masaran Sragen menawarkan konsep pendidikan terpadu dengan penerapan kurikulum syari'ah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang konsep , pelaksanaan kurikulum syari'ah, dan kompetensi bagi lulusan SDMT Masaran Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu implementasi kurikulum syri'ah di SDMT Masaran Sragen. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) konsep kurikulum syari'ah di SDMT Masaran Sragen meliputi; terpadu dalam pelaksanaan pembelajaran umum dan pembelajaran berbasisi Islam, terpadu dalam pelaksanaan kurikulum Diknas dengan kurikulum berbasis Islam, terpadu dalam aspek subyek belajar (aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik), dan terpadu di tiga lingkungan belajar antaranya lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. (2) pelaksanaan kurikulum syari'ah disetiap komponennya meliputi; pelaksanaan tujuan kurikulum syari'ah dilakukan dengan menjabarkan tujuan umum pendidikan nasional kedalam tujuan institusional, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional, pelaksanaan materi kurikulum syari'ah adalah pada setiap materi diintegrasikan melalui ayat Al-Qur'an, hadist, atau Asmaul Husna yang sesuai dengan materi, pelaksanaan kegiatan pembelajaran kurikulum syari'ah dilakukan dengan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif baik di dalam maupun di luar kelas, dan pelaksanaan evaluasi kurikulum syari'ah dilakukan pada setiap aspek kemampuan peserta didik (aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik). (3) kualifikasi bagi lulusan SDMT Masaran Sragen menekankan pada empat aspek kejiwaan manusia yaitu aspek aqliyah, ruhiyah, jasadiyah, dan aspek kecakapan hidup (life skill), pelaksanaan dalam pengembangan dasar kemampuan peserta didik dilakukan dengan dua fase yaitu fase pembentukkan kompetensi dasar, dan fase perkembangan basis kompetensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum, Syariah, Kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Aug 2012 18:06
Last Modified: 10 Aug 2012 18:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum